Sate Bumbon di Kendal, Kuliner Khas Waleri dengan Rempah yang Melimpah

Advertisement

Sate bumbon merupakan kuliner yang berasal dari Jawa Tengah, tepatnya Kendal. Sate ini tidak dibakar dengan kecap melainkan bumbu-bumbu seperti halnya jahe, kemiri, bawang putih. Tidak hanya itu saja, ada puluhan bumbu rempah lainnya yang turut diracik kemudian ditumbuk sebagai bumbunya. Tak salah jika banyak orang menyebutkan sate bumbon di Kendal memiliki rasa rempah yang kuat.

Buat Teman Traveler yang berencana untuk jalan-jalan di Kendal. Sate bumbon masuk dalam jajaran kuliner khas Kendal yang perlu dicicipi. Tenang saja jangan khawatir, ada beberapa tempat terkenal yang bisa kamu sambangi.

RM. Pak Nur Sate Bumbon Samardi Putra

RM. Pak Nur Sate Bumbon Samardi Putra, via Instagram/ny.rempong
RM. Pak Nur Sate Bumbon Samardi Putra, via Instagram/ny.rempong

Selanjutnya yang tidak kalah kondang ada RM. Pak Nur Sate Bumbon Samardi Putra yang juga menyuguhkan olahan sate yang enak. Tempat makan di Kendal satu ini masuk dalam jajaran yang paling kondang.

Citarasa yang bikin bungah, via Instagram/syifa.nia
Citarasa yang bikin bungah, via Instagram/syifa.nia

Alamatnya berada di Jl. KH. Abdul Wahab Pengandon di bagian timur perempatan Pengandon, Kendal. Jika mau bertanya-tanya, kamu bisa menghubungi 087 832 382 443. Ciri khas sate bumbon di sini adalah memiliki acar yang melimpah.

Sate Sapi Bumbon Bu Siti Sa’adah

Sate Bumbon Ibu Siti Sa’adah, via Instagram/ny.rempong
Sate Bumbon Ibu Siti Sa’adah, via Instagram/ny.rempong

Sate Bumbon Ibu Siti Sa’adah termasuk salah satu tempat legendaris. Tempat ini telah dirintis sejak tahun 1975. Bumbu khas dan tekstur daging sapi yang empuk tak pelak menjadi daya tarik utamanya. Ditambah dengan irisan tomat segar membuat nafsu makan makin besar.

Satu porsi sate di sini dipatok Rp45.000. Alamatnya berada di Jl. Pasar Waleri Penyangkringan di depan Telkom. Bisa menghubungi no telepon: 0294 642001 untuk informasi lebih lengkap ya.

Sate Bumbon Pak Darmaji

Sate Pak Darmaji, via Instagram/moniqcen
Sate Pak Darmaji, via Instagram/moniqcen

Kemudian ada Sate Bumbon Pak Darmaji yang enak, mengenyangkan dan tidak membuat kantong bolong. Sate bumbon di sini juga terkenal memiliki citarasa yang mantap. Konon digadang-gadang ni merupakan sate bumbon pertama di Waleri, Kendal dan telah ada sejak tahun 1971.

Alamatnya berada tidak jauh dari pasar tradisional Waleri, tepatnya ada di Penyangkringan, Kecamatan Waleri, Kabupaten Kendal. Jam bukanya mulai dari 08:00 hingga 17:00 WIB. Harganya, dipatok mulai dari Rp20.000.

Sate Bumbon Pak Rochmad

Sate Bumbon Pak Rochmad, via Instagram/wulan_kemen
Sate Bumbon Pak Rochmad, via Instagram/wulan_kemen

Sate Bumbon Pak Rochmad berlokasi di Jl. Raya Putat Gede, kendal. Warungnya sudah beroperasi sejak tahun 1985. Keuniakan di sini adalah dalam nasi nanti akan ada taoge dan bawang merah, ini membuat nasi bumbon jadi maskin segar.

Biasanya sate bumbon dipadu dengan sayur lodeh tewel atau nangka muda yang bikin rasanya makin mak nyus. Potongan satenya juga besar-besar, kamu akan puas menyantap sate bumbon di sini.

Beberapa lokasi tempat menyantap sate bumbon di Kendal yang telah disebutkan bisa banget dimasukkan ke dalam list wisata kuliner ya. Karena akan sangat disayangkan jika kamu jalan tanpa makan.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah Kendal kuliner kendal sate bumbon di kendal
Share