Kuliner Khas Batang Jawa Tengah, Kenikmatan yang Tak Setengah-setengah

Batang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang namanya mulai muncul ke permukaan. Dulu, saat pertama kali mendengar nama Kabupaten Batang, seringkali terlintas di pikiran jika ini merupakan daerah yang terdapat di luar daerah Jawa. Padahal, ini merupakan daerah di Jawa Tengah. Berbicara mengenai Batang, banyak hal menarik yang bisa diulik, misalnya saja kulinernya. Banyak kuliner khas Batang yang bisa dicicipi kenikmatannya kala berkunjung.

1. Lontong Lemprak

Lontong Lemprak, Via Instagram gez_0909
Lontong Lemprak, Via Instagram gez_0909

Lontong lemprak merupakan salah satu kuliner khas Batang yang sudah turun temurun. Dalam seporsi lontong lempark ini biasanya akan ada opor ayam kampung disajikan dengan lontong, tahu rebus, dan kuah yang banyak. Kuahnya memiliki warna kuning keputihan. Untuk citarasanya adalah gurih santan yang berpadu dengan sambal. Gurih-gurih pedas yang bikin nafsu makan beringas.

2. Soto Kebo

Soto Kebo, Via Instagram masclink_kulineran
Soto Kebo, Via Instagram masclink_kulineran

Selama ini kebanyakan soto berbahan dasar daging sapi, kambing ataupun juga ayam. Tapi di Kabupaten Batang ada soto kebo yang sangat khas. Kebo merupakan bahasa Jawa dari kerbau, Jadi daging yang digunakan di sini adalah daging kerbau. Untuk bahan pendampingnya tidak jauh beda dengan soto yang lainnya. Tapi tentu saja, tekstur daging kebo ini bakalah berbeda dari yang lainnya. Sangat nikmat disantap kala hangat.

3. Soto Tauto

Soto Tauto, Via Instagram desytariyem
Soto Tauto, Via Instagram desytariyem

Kuliner khas Batang lainnya adalah soto tauto. Ini merupakan soto yang memiliki ciri khas kuah kental. Sementara itu untuk isiannya adalah daging ayam atau sapi lalu dipadukan dengan soun, daun bawang, potongan kol lalu diguyur dengan kuah tauco hangat. Tambah nikmat saat dipadukan dengan usus kering serta perasan air jeruk nipis.

4. Surabi Kali Beluk

Surabi Kali Beluk, Via Instagram santhiserad_food
Surabi Kali Beluk, Via Instagram santhiserad_food

Surabi khas Batang memiliki nama surabi kali beluk lantaran berasal dari Desa Kali Beluk. Ada dua pilihan rasa yang bisa dicicipi. Yakni dengan kelapa ataupun dengan gula merah. Keduanya dimasak dengan memanfaatkan arang dan menghasilakn aroma khas dan harum. Nah, ukurannya tidak seperti biasanya alias jumbo. Ada yang berdiameter mencapai sekitar 30 centimeter, kemudian dibagi menjadi beberapa bagian. Teksturnya empuk dan aromanya bergitu menggoda.

Jangan lupa mencicipi berbagai kuliner khas Batang di atas jika kamu sedang traveling ya. Tentu saja rasanya bakal berbeda dengan kuliner daerah lainnya.

Tags
Batang Jawa Tengah kuliner Indonesia kuliner khas batang
Share