Empat Puncak dengan Salju dan Es Abadi di Bumi Papua yang Istimewa

Indonesia merupakan negara beriklim tropis, namun uniknya memiliki salju dan es abadi yang bisa dibilang sangat istimewa. Salju dan es abadi ini berlokasi di bumi Papua yang bikin orang tertantang untuk mengunjunginya. Karena bukan merupakan tujuan traveling mainstream yang banyak dijelajahi wisatawan, tak banyak orang berhasil mencapai puncaknya. Medannya yang sangat sulit membuat salju dan es abadi ini jadi tantangan tersendiri.

Di bumi Papua, ada empat puncak salju dan es abadi yang mungkin belum kamu tahu. Puncak dengan salju dan es abadi ini memang seringkali jadi destinasi untuk mereka yang gemar menantang adrenalin. Nah, simak ulasan berikut ini baik-baik ya.

1. Puncak Jaya

Puncak Jaya via Instagram pendaki_gunung

Puncak Jaya berlokasi di Barisan Sudirman yang merupakan bagian dari Provinsi Papua. Ketinggiannya cukup fantastis mencapai 4,884 meter. Di sini terdapat salju abadi yang selama ini jadi tujuan utama orang-orang yang mendaki. Meski demikian, muncul prediksi bahwa di tahun 2020 nanti salju abadi Puncak Jaya akan hilang lantaran pemanasan global. Wah sayang sekali ya.

2. Puncak Sumantri Brodjonegoro

Puncak Sumantri dari ketinggian Via Instagram alvinreggyperdana

Puncak gunung yang tingginya mencapai 4,870 meter atau setara dengan 15.978 kaki, lokasinya berdekatan dengan Puncak Jaya. Di sini terdapat es dan salju abadi yang cukup menarik untuk dilihat, jadi jika kamu memiliki keberanian yang cukup, tantanglah adrenalinmu untuk mendaki Puncak Sumantri Brodjonegoro. Tapi, jika hanya untuk main-main saja, lebih baik cari gunung lainnya yang lebih ramah.

3. Puncak Carstensz Timur

Penampakan Puncak Carstensz Timur Via Instagram arfanw839hr

Dibandingkan dengan Puncak Sumantri dan juga Puncak Jaya, Puncak Carstensz Timur ini lokasinya lebih sulit untuk dicapai. Para pendaki perlu menggunakan krampon alias sepatu es untuk kemananan. Setelah sampai di sana, dataran bongkahan es besar sudah menantimu.

4. Puncak Mandala

Jalur pendakian menuju Puncak Mandala Via Instagram summitcarstensz

Yang paling baru ada Puncak Mandala yang dahulu di masa penjajahan Belanda disebut dengan Juliana Top atau Puncak Juliana. Ini juga merupakan puncak gunung yang berlokasi di Papua dengan ketinggianya mencapai 4,760 kaki. Kalian perlu menjelajahinya setidaknya sekali seumur hidup. Medannya cukup sulit untuk dilalui, kamu harus ekstra hati-hati saat mendakinya.

Sebagai informasi nih, semua puncak ini berada di satu lokasi di Gunung Jayawijaya yang terdapat di Papua, tapi hanya tempatnya saja yang tidak berada dalam lokasi yang sama. Jadi sekali mendaki, empat puncak akan diraih. Boleh dicoba jika kamu suka tantangan dan gemar berlelah-lelah. Happy climbing.

Tags
es abadi di Indonesia wisata di Papua wisata salju abadi di Indonesia
Share