Ningwu Cave, Gua Es di China yang Membeku Abadi

Gua-gua es umumnya terbentuk di kawasan dekat kutub seperti Islandia. Tapi ternyata negara di Asia juga punya gua es yang bahkan tidak pernah mencair meski musim panas tiba. Gua es tersebut bernama Ningwu Cave dan berada di China!

Ningwu cave adalah gua es yang terletak di Pegunungan Luyashan, Ningwu, Provinsi Shanxi, China. Menurut sumber yang didapat Travelingyuk dari BBC, gua ini tidak pernah mencair meski negara tersebut sedang mengalami musim panas.

Ningwu Cave memiliki 5 tingkat ruang dengan kedalaman maksimal mencapai 85 meter. Masing-masing ruangan dilapisi oleh es tebal yang seolah-olah membeku abadi. Di dalam gua ini pula traveler bisa melihat stalaktit dan stalakmit berkilauan yang terbuat dari es.

Tak peduli berapapun suhu di luar gua saat musim panas, suhu di dalam Ningwu Cave ini tetap stabil mendekati nol derajat. Fenomena ini membuat banyak orang penasaran meski hingga sekarang belum ada penelitian ilmiah yang menjawab dengan pasti rasa penasaran banyak orang tersebut.

Ningwu Cave di China [image source]
Ningwu Cave di China [image source]
Salah satu teori yang menjelaskan es abadi di dalam gua ini adalah posisinya yang berada di pegunungan dengan tinggi lebih dari 2.000 mdpl dan bentuk gua yang menyerupai pin bowling diklaim menjadi penyebab suhu udara yang dingin terjebak di dalam gua.

Ningwu Cave diklaim sebagai gua es terbesar di China yang tidak pernah mencair. Gua ini setiap tahun menerima kunjungan turis di waktu tertentu yaitu pada bulan Mei hingga Oktober. Saat itu traveler bisa menjelajahi gua di beberapa tingkatan ruang dan menyaksikan keindahan dinding gua yang terbuat dari es.

Penampakan bagian dalam gua terlihat makin eksotis dengan bantuan cahaya lampu berwarna-warni. Menurut pengelola, pada bulan kunjungan setiap hari Ningwu Cave bisa dikunjungi lebih dari 1000 orang. Pengunjung tetap dihimbau untuk ekstra hati-hati mengingat gua ini terbuat dari es dengan lapisan yang licin.

Tags
China NIngwu Cave
Share