Sagu Gula, Camilan Spesial yang Bikin Kangen Tanah Ambon

Ambon tidak hanya terkenal dengan Rujak Natsepanya. Banyak kuliner menggiurkan yang cita rasanya diakui oleh dunia. Baik makanan berat maupun jajanan pinggir jalan sukses bikin lidah tak berhenti bergoyang. Begitu pula dengan sagu gula, hidangan unik yang pastinya bikin kamu rindu ingin liburan lagi ke Ambon. Penasaran dengan makan spesial tanah Ambon ini? Simak ulasan selengkapnya yuk!

Camilan Khas Maluku dengan Rasa Legit

Sagu gula, jajanan enak di Ambon
Jajanan enak di Ambon via instagram/@peniemayaut

Sagu gula merupakan jajanan unik yang paling cocok dinikmati saat sore hari. Rasanya yang manis bercampur gurih juga pas disandingkan dengan segelas teh atau kopi hangat. Meski banyak kuliner hits dari luar berdatangan, makanan khas Ambon ini tetap difavoritkan. Bahkan, banyak wisatawan yang berburu makanan legit ini hingga ke sudut-sudut kota.

Sagu gula dan rujak Natsepa
Sagu gula dan rujak Natsepa via instagram/@lilytiwery

Olahan Papeda yang Mirip dengan Kue Rangin

Jajanan khas Ambon yang Mirip Kue Rangin
Jajanan khas Ambon yang Mirip Kue Rangin via instagram/@siannakaur

Sekilas, bentuk dari camilan ini mirip dengan kue rangin. Namun, bahan yang digunakan untuk membuat jajanan ini sangat berbeda. Sagu gula terbuat dari sagu asli Ambon yang dipadukan dengan kelapa serta gula aren dari Saparua. Bahan tersebut dibakar di atas tungku hingga berwarna cokelat kekuningan. Biasanya, penjual kuliner khas Ambon ini juga menambah taburan saus cokelat sehingga rasanya makin istimewa.

Jajanan legit di Ambon
Jajanan legit di Ambon via instagram/@icip.icip_

Dimasak Istimewa dengan Tungku Sederhana

Proses pembuatan Sagu Gula
Makanan dari sagu di Ambon via instagram/@cecepyoe

Sebagai makanan tradisional, hingga kini sagu gula masih dimasak sederhana di atas tungku. Cetakan sagu gula yang disebut dengan nama porna juga khusus dan tak mudah ditemukan di tempat lain. Bagaimana tidak, porna ini dibuat sendiri dari tanah liat. Sebelum adonan dituangkan, porna juga dibakar lebih dahulu. Hal ini untuk membuat kematangan camilan merata hingga bagian dalam.

Pembuatan Sagu Gula
Pembuatan jajanan dengan tungku sederhana via instagram/@fensianalda

Sajian Enak hingga Difavoritkan Tokoh Penting

Sagu gula dengan rujak natsepa
Sagu gula dengan rujak natsepa via instagram/@cisca_santoso

Pecinta sagu gula tak hanya wisatawan atau penduduk Ambon saja. Ternyata orang-orang penting di pemerintahan Indonesia juga menyukai makanan gurih dengan rasa manis di tengahnya ini. Salah satu penjual bernama Oma Tin bahkan pernah dipanggil ke Jakarta oleh istri pejabat Orde Baru di tahun 80-an. Tak hanya itu, beberapa artis yang datang ke Ambon juga tak pernah melewatkan jajanan ini.

Sagu gula di Ambon
Jajanan enak di Ambon via instagram/@paramitasari

Berniat untuk liburan ke Ambon? Jangan lupa untuk mencicipi kuliner tradisional dengan rasa istimewa ini ya! Pastikan juga membawa bahan sagu gula sebagai oleh-oleh untuk orang di rumah.

Tags
Ambon Camilan Ambon Indonesia Maluku
Share