Jelajah Sumba, Empat Destinasi Ini Jangan Dilewatkan

Lokasinya yang berada di Indonesia bagian timur, membuat Pulau Sumba memiliki pemandangan alam yang memukau. Begitu pun tradisi adatnya yang masih kuat dan terjaga hingga saat ini. Meskipun satu tempat menuju ke destinasi lainnya terpisah dan memerlukan perjalanan yang cukup lama, Pulau Sumba layak untuk dijelajah. Empat destinasi di Pulau Sumba ini adalah contoh keindahan alamnya.

Pantai Mandorak

Pasir putih bersih dengan diapit dua karang di kanan dan kirinya via instagram/diianazhary

Pantai Mandorak terletak tak jauh dari Danau Weekuri. Pantainya berpasir putih dengan diapit tebing batu di kanan kirinya. Airnya berwarna biru toska, dengan kawasan yang masih bersih. Keindahan alam ini terletak dalam tempat privat. Namun wisatawan tetap dapat masuk dengan membayar 50.000 rupiah.

Danau Weekuri

Danau air asin yang jernih via instagram/celotehbackpacker

Jika pada umumnya danau memiliki air tawar, hal tersebut tidak akan ditemukan di Weekuri. Air yang tertampung di tempat ini berasa asin. Berbeda dengan danau yang memiliki air keruh, Danau Weekuri memiliki air jernih sehingga dasarnya dapat terlihat jelas.

Puru Kambera

Wisatawan sedang berfoto di area savana Puru Kambera via instagram/dellarachel

Selain savana yang membentang dan pepohonan yang tumbuh dengan jarak cukup jauh, Puru Kambera juga menjadi habitat kuda liar Sumba. Mereka bergerombol dan hidup bebas menghuni savana yang ada di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur ini. Hewan ini lebih sering menampakkan diri di musim kemarau dibandingkan saat penghujan. Saat musim tersebut, kawanan kuda di Pura Kambera akan lebih aktif merumput.

Desa Prai Ijing

Panorama Desa Aadat Prai Ijing via instagram/sailwithmee

Desa Prai Ijing berada di Kabupaten Barat. Lokasinya di Waikabubak, desa adat ini memiliki wajah tradisional yang masih sangat kuat. Disertai dengan batuan-batuan megalitikum. Untuk dapat sampai kemari, perlu melewati perbukitan dan menjumpai beberapa perkampungan tradisional.

Meskipun berada jauh di Indonesia timur, pemandangan di Pulau Sumba tidak dapat dipandang sebelah mata. Mulai dari pantai hingga desa adat dapat ditemukan. Bagaimana menurutmu tentang keindahan bagian Indonesia timur?

Tags
Indonesia Nusa Tenggara Timur Pulau Sumba Wisata
Share