Mau Hangout? Awas Rute Ganjil Genap Jakarta Kini Semakin Banyak!

Ada kabar baru yang perlu diperhatikan bagi Teman Traveler yang suka road trip. Menurut berita terbaru, rute ganjil genap Jakarta sekarang semakin banyak. Berikut ulasan dari rute ganjil genap Jakarta yang bisa bikin kamu makin mudah pas perjalanan di ibu kota Indonesia. Perlu juga nih agar nggak salah pilih jalan saat mau nongkrong bareng sahabat. Baca penjelasan singkatnya di bawah ini, ya.

Ganjil Genap Dahulu

Rute Ganjil Genap Jakarta via Instagram @radiodakta

Mulai jaman kepemimpinan Gubernur lama Bapak Ahok, peraturan ganjil genap sudah diterapkan lewat peraturan Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan. Rute pada masa itu hanya berada di 9 titik dan masih berjalan sampai sekarang. Di antaranya di Jalan Merdeka Barat, M.H Tamrin, Jl.Jendral Sudirman, Jl Jendral S Parman – simpang Jl. KS. Tubun, Jl. Gatot Subroto, Jl. M.t Haryono, Jl. H.R Rasuna Said, Jl. D.I Panjaitan, dan Jl. Jendral A. Yani.

Daerah Ganjil Genap Baru

Rute Ganjil Genap Jakarta dengan Tanggal via Instagram @info_bintaro

Baru-baru ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menambah rute jalan yang menggunakan sistem plat mobil ganjil genap. Teman Traveler perlu adaptasi lagi tentang rute baru di wilayah Jakarta agar tak salah pilihan jalan. Dilansir dari kominfoitjkt, peraturan ini masih sangat baru dan masih dalam proses peresmian dengan jadwal sebagai berikut: Sosialisasi : 7 Agustus – 8 September 2019?, dilanjutjan dengan Uji Coba pada tanggal 12 Agustus – 6 September 2019. Aturan baru ini akan berlaku mulai Tanggal 9 September 2019?.

Rute Baru Ganjil Genap Jakarta via Instagram/ jktgo

Uji coba rute baru Ganjil Genap ini akan dimulai tepat pada liburan Idul Adha. Berikut adalah tambahan rute yang perlu diperhatikan. Yaitu Jl. Pintu Besar Selatan, Jl. Gajah Mada, Jl. Hayam Wuruk, Jl. Majapahit, Jl. Sisingamangaraja, Jl. Panglima Polim, Jl. Fatmawati, Jl. Suryopranoto, Jl. Balikpapan, Jl. Kyai Caringan, Jl. Tomang Raya, Jl. Pramuka, Jl. Salemba Raya, Jl. Kramat Raya, Jl. Senen Raya, dan Jl. Gunung Sahari.

Rute Hangout di Jakarta

Ilustrasi Hangout di Jakarta via Shutterstock

Peraturan baru, berserta jalan-jalan yang diberlakukan wajib diperhatikan bagi Teman Traveler yang suka road trip atau eksis di kafe-kafe Jakarta. Agar tak bingung, berikut adalah rute shotcut ke beberapa tempat nongkrong Jakarta. Di antaranya Glodog China Town, Plaza Orion dll – Lewat Jl. Pintu besar Selatan. Jika ke Tamani Cafe, Grand Ollimo dan sekitarnya bisa lewat Jl. Gajah Mada. Untuk menujuHotel RO & Vi Boutique, Delicious Bakery, Teman Traveler bisa memiliih Jl. Hayam Wuruk.

Nongkrong di Gajah Mada Plaza atau staycation diIstana Harmoni, bisa memilih lewat Jl. Majapahit. Sedang saat ke Mataram Park dan sekitarnya bisa lewat Jl. Sisingamangaraja. Pastikan Teman Traveler memperhatikan waktu dan rute baru agar tak buang waktu di jalanan, ya.

Peraturan Plat Nomor Ganjil Genap Motor

Penilangan untuk pengendara motor via Instagram @dkiinfo

Tak hanya mobil, kabarnya peraturan ganjil genap ini juga akan diberlakukan untuk motor. Namun, menurut Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik yang dimuat oleh Kompas, peraturan ini dapat mempersulit masyarakat. Peraturan ini belum dilaksanakan dan masih akan melewati proses percobaan.

Itulah penjelasan lengkap tentang peraturan baru rute ganjil genap Jakarta. Pastikan Teman Traveler update tentang berita ini sehingga tak salah pilih rute. Bagaimana, apakah Teman Traveler termasuk yang pro tentang berita ini?

Tags
ganjil genap ganjil genap jakarta ganjil genap motor polusi jakarta rute ganjil genap
Share