Tempat Kulineran di Manado Saat Akhir Pekan, Berburu Khasnya Tanah Tinutuan

Manado itu sesuatu banget, banyak yang bilang sebagai Rio de Janeironya Indonesia. Bahkan dijuluki juga sebagai Maldiven van Celebes, Maladewa di Sulawesi. Sekali saja kamu datang ke sana, kenangan indah akan selalu terpatri dalam hati. Tentang alam yang menawan, kota dengan penduduk yang ramah serta berparas indah dan tentu saja makanan yang selalu bisa membangkitkan selera.

Begitulah Manado destinasi wisata kuliner andalan di Nusantara, jangan cuma melakukan trip sana-sini tapi lupa mencicipi apa yang khas disini, bisa-bisa kamu rugi sendiri. Travelingyuk telah mendapatkan daftar rekomendasinya, maka sempatkan untuk mampir ya!

1. Cubite Manado

Cubite [image source]
Cubite ini adalah nama sebuah kafe yang menjual berbagai menu yang mantap. Sesuai dengan mananya, maka hidangan andalan di tempat ini adalah camilan kue cubit dengan rasa manis dan gurih. Siraman topingnya melimpah dan pas banget jika disantap bareng minuman yang segar. Bagi sebagian orang makan kue saja nggak cukup bikin kenyang. Jika kamu termasuk seperti itu juga, beli saja makanannya seperti Mie Samyang super pedas.

Lokasi : Ex The Sense Cafe Lt. 2, Kawasan Food City MegaMas

2. Cocotrack Dessert Bar

Cocotrack [image source]
Cocotrack merupakan tempat untuk menikmati kelapa muda dengan sajian yang unik dan mantap. Bisanya kelapa muda hanya disajikan begitu saja tanpa tambahan apa-apa. Namun di tempat ini kamu bisa melahap habis es kelapa muda yang dicampur dengan berbagai macam buah dan yang paling menggiurkan adalah es krimnya. Kamu bisa memilih menu sesuai dengan seleramu mulau dari yang es krim vanilla hingga cokelat. Untuk pemanis dan penyegar tenggorokan disediakan juga susu segar.

Lokasi : Kawasan megasmart (depan masjid Firdaus, ex Martabak Holland)

3. Rajabara

Rajabara [image source]
Manado itu juga dikenal sebagai kotanya ikan bakar dan hidangan laut. Jangan heran jika begitu menginjakkan kaki di Manado, kamu akan melihat penjual ikan bakar di mana-mana. Mengingat lokasinya yang berada di daerah pesisir, pantas jika hasil laut dijadikan salah satu bahan andalan kuliner Manado. Jika kamu ingin mencicipi bagaimana rasanya, cobalah datang ke Warung Rajabara kamu bisa membeli lobster air tawar seperti yang ada dalam foto ini atau menikmati berbagai jenis ikan bakar, pokoknya mantap semua.

Lokasi : Jl. A. A. Maramis Panikibawah

4. Bale Soto

Bale Soto [image source]
Bale Soto ini adalah surganya makanan lokal Indonesia. Menu-menu khas dari berbagai daerah di jual di tempat ini, termasuk juga tempe. Olahan tempe bukanlah hidangan yang mudah ditemukan di Manado, bisa dibilang Bale Soto adalah tempat yang recommended untuk pencinta masakan Jawa. Menu sotonya memiliki rasa yang otentik, berlama-lama di sini juga nggak bikin bosen karena tempatnya bersih dengan pelayanan ramah.

Lokasi : Mega Mall Manado, Jl. Piere Tendean,Wenang, Kota Manado

5. Time Out Café

Times Out Sport [image source]
Bagi kamu sering melipir ke Manado, pasti nggak asing dengan tempat ini, terkenal dengan makanan enaknya serta harga yang dipatok murah-murah. Selain itu, tempatnya enak buat nongkrong menikmati makanan sambil ngobrol. Kamu bisa memesan chicken wings untuk camilan dan nasi goreng andalannya pas banget di lidah dengan porsi yang bikin kenyang. Di beberapa sudut café bahkan menyuguhkan pemandangan laut, benar-benar mempesona.

Lokasi : Jl. Piere Tendean, Wenang , manado

6. Talaga Resto Manado

Talaga Resto [image source]
Talaga Resto tampil dengan konsep yang asri. Tempat makanya menyuguhkan suasana terbuka di pinggir danau atau telaga. Sambil menikmati semilir angin sejuk, kamu bisa bersantai dan menyantap aneka olahan ikannya. Ada menu yang digoreng hingga dibakar. Kamu yang datang dari luar kota juga bisa mencicipi menu khas Manado seperti dabu-dabu. Harganya terjangkau dan disediakan paket makan yang lengkap. Karena lokasinya dekat dengan bandara, kamu bisa datang ke sini untuk mengisi waktu ketika harus menunggu keberangkatan pesawat.

Lokasi : Jl. A.A. Maramis no. 329, Mapanget, Manado

7. Rumah Makan Jantung Hati

RM Jantung Hati [image source]
Rumah makan legendaris ini disebut juga Yit Hien, sejak dulu sudah menjual berbagai hidangan oriental yang rasanya tak pernah berubah. Lokasinya mudah ditemukan karena berada di pusat Kota Manado. Memang untuk ke tempat ini saat siang hari, kamu harus berhadapan dengan kemacetan. Namun begitu sampai, rasa lelahmu akan terbayarkan dengan hidangan Chinese Food ala Rumah Makan Jantung hati seperti nasi goreng, mie goreng/kuah, kwetiau hingga lomie hongkong. Perlu kamu ketahui, beberapa menu menggunakan bahan yang non halal, jadi kamu harus menanyakannya terlebih dahulu ya jika diperlukan.

Lokasi : Jl. Panjaitan no. 57, Manado

8. Tuna House

RM Tuna House [image source]
Tuna House ini adalah tempat makan yang cukup punya nama di antara deretan restoran di kawasan Mega Mas. Ada sajian seperti sashimi ikan tuna dengan rasa yang segar dan lezat. Untuk menu yang lengkap, kamu bisa memesan paket 35 yang isinya adalah tuna bakar, oseng kangkung, dan ubi rebus. Jika tidak suka ubi, kamu bisa menggantinya dengan nasi. Pengalaman kulineranmu akan seru, karena sambil mengunyah kamu bisa melihat pemandangan laut di depan Tuna House.

Lokasi : Jl. Laksda John Lie, Titiwungan Utara, Sario, Kota Manado

9. Rumah Kopi Sarina

Rumah Kopi Sarina [image source]
Budaya ngopi juga ditemukan di Manado, terbukti ada beberapa tempat menikmati seduhan kopi dan yang terkenal di kawasan Kawangkoan adalah Rumah Kopi Sarina. Setiap harinya ada banyak pengunjung yang datang untuk kulineran dan bersantai. Tentu saja kopi bukan satu-satunya yang jadi andalan di tempat ini. Masih ada satu amunisi lagi yaitu bakpao dan mie. Hanya saja, baik bakpao maupun mienya diolah dengan bahan-bahan yang tidak halal seperti daging babi.

Lokasi : Kecamatan Kawangkoan, Minahasa

10. Clover Honey Café

Clover Honey [image source]
Clover Honey Café memiliki interior yang manis dengan pernak-pernik cantik, kental dengan gaya feminim. Suasana tersebut memang disesuaikan dengan menu yang dijual, yaitu beragam dessert dengan rasa yang segar dan mantap. Hal itu bisa terjadi karena memang bahan yang digunakan seperti buah-buahannya tidak dipilih sembarangan. Clover Honey berhasil mengkombinasikan buah seperti mangga dan alpukat dengan unsur kesegaran berupa es krim. Untuk sandingannya ada sayap ayam dengan saus yang gurih.

Lokasi : Jln. 14 Februari, Ruko No. 1, Manado

Itulah rekomendasi kuliner di Manado yang pas untuk akhir pekan nanti. Dari yang berbumbu hingga kesegaran buah, semuanya ada untuk menggoyang lidahmu.

Tags
kuliner kuliner manado Manado
Share