Rumah Kopi Ranin Bogor, Sensasi Ngopi di Alam Terbuka

Wisata alam masih jadi daya tarik utama wisatawan Bogor. Cuaca di Kota Hujan memang relatif sejuk, asyik untuk jalan-jalan sambil menikmati panorama yang asri. Nah, belakangan ini ada kafe unik yang usung nuansa alam di Bogor, namanya Rumah Kopi Ranin.

img_20190721_144148_oc3.jpg
Rumah Kopi Ranin (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Berlokasi di Jalan Alternatif IPB, Dramaga, tempat ini coba hadirkan pengalaman ngopi yang berbeda. Teman Traveler bisa menyesap kopi sembari dimanja nuansa alam yang tenang. Yuk, simak cerita saya saat berkunjung ke Rumah Kopi Ranin.

Baru Pindah Tempat

img_20190721_143456_WtS.jpg
Baru pindah ke tempat anyar 2018 silam (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Sebelum menempati lokasi sekarang, Rumah Kopi Ranin memulai bisnis mereka di Jalan Bantarjati sejak 2012. Memasuki tahun 2018 mereka pindah tempat dan berganti konsep seperti sekarang. Kini kedai kopinya menempati lahan terbuka yang berada tak jauh dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

img_20190721_145712_Hhi.jpg
Ngopi sambil nikmati suasana alam terbuka (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk
img_20190721_144336_J2G.jpg
Salah satu sudut unik di kedai kopi Ranin (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Jika penasaran ingin berkunjung ke sini, Teman Traveler disarankan menumpang kendaraan pribadi atau transportasi online, pasalnya tidak ada kendaraan umum melintas di sekitar keda kopi unik ini.

Mengusung konsep alam terbuka, Rumah Kopi Ranin juga bisa jadi tempat bersantai yang pas. Apalagi jika Teman Traveler tengah jenuh menjalani rutinitas di kampus maupun tempat kerja. Kesejukan udara di sini dijamin sanggup kembalikan semangat kalian untuk kembali beraktivitas. 

Destinasi Kopi Indonesia

img_20190721_145620_sg6.jpg
Kopi diracik dari hasil petani Indonesia (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Rumah Kopi Ranin bisa dibilang merupakan salah satu kedai kopi terbaik di Bogor. Biji yang digunakan semuanya berkualitas dan didatangkan dari petani lokal. Menurut salah satu baristanya, Tejo Pramo dan Uji Sapitu, duo pemilik Ranin, berambisi menjadikan kedai ini sebagai destinasi kopi Indonesia. 

Tak sekadar tempat ngopi, di sini Teman Traveler juga bisa melihat proses sangrai kopi secara langsung. Mereka juga mengadakan program Sekolah Kopi, hasil kerjasama dengan IPB. Program ini bertujuan mengenalkan kopi pada generasi muda Indonesia. Keren, ya?

Menghubungkan Petani dan Konsumen

img_20190721_145755_YD8.jpg
Deretan menu yang bisa dipesan (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Nama Ranin sejatinya merupakan akronim dari Rumah Tani Indonesia. Sang pemilik berniat menjadikan kedai ini sebagai penghubung antara petani kopi dengan konsumen. Salah satu caranya dengan memproduksi kopi kualitas premium dari petani kopi di beberapa daerah Indonesia. 

Kopi lokal yang bisa ditemui di sini antara lain Arabica Wamena Papua, Arabica Toraja, Bali Kintamani, Aceh Gayo, Mandailing, dan masih banyak lagi. Buat Teman Traveler yang berniat mencicipi langsung di tempat, bisa langsung pesan latte, affogato atau espresso. 

img_20190721_145740__2__UvZ.jpg
Kombinasi pas latte dan singkong (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Saya sangat menikmati sajian latte di sini. Tidak terlalu pahit, tapi rasa kopinya masih cukup pekat. Tenang saja Teman Traveler, masih aman untuk lidah dan perut kok. Lebih pas lagi jika ditemani cemilan hangat. Saya sendiri memesan pisang dan singkong goreng dengan rasa yang begitu menggoyang lidah. Enak!

Barista yang Super Ramah 

img_20190721_145631_EjD.jpg
Barista di sini ramah dan seru (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Satu lagi yang saya suka dari Rumah Kopi Ranin adalah baristanya sangat ramah. Begitu datang, Teman Traveler bakal langsung disambut senyuman renyah mereka. Kadang para barista juga tak segan melempar candaan agar pengunjung merasa makin nyaman.

Pengetahuan mereka tentang kopi pun sangat dalam. Katanya sih, barista di sini memang sudah benar-benar profesional dan berpengalaman. Kalau ada pengunjung yang bertanya tentang kopi, mereka bisa langsung tanggap memberikan penjelasan.

Teman Traveler yang ingin berkenalan dan ngobrol asyik bersama mereka, bisa mampir antara pukul 10.00 hingga 22.00. Oh ya, siapkan budget kisaran Rp20.000 hingga Rp50.000 jika ingin nongkrong di sini ya. Bagaimana, tertarik untuk memasukkan Rumah Kopi Ranin ke dalam daftar kafe favoritmu?

Tags
Bogor kontributor kuliner bogor rumah kopi ranin Travelingyuk
Share