Rumah Kopi Jan Guno Bali, Gaya Klasiknya Bikin Ogah Pulang

Kopi kini sudah bukan sekedar minuman penahan kantuk, namun telah jadi bagian dari lifestyle atau bahkan kebutuhan dasar bagi beberapa orang. Tak heran jika di sejumlah kota besar Indonesia kini bermunculan banyak kedai kopi. Begitu pula dengan Bali, yang belakangan ini menyambut hadirnya Rumah Kopi Jan Guno.

Sama seperti kedai kopi anyar lainnya, Rumah Kopi Jan Guno tawarkan interior cantik dengan atmosfer super nyaman. Namun ada sedikit hal yang beda dari tempat ini. Suasananya benar-benar menenangkan, bagaikan di rumah sendiri. Yuk, simak ulasan saya selengkapnya.

Berada di Kawasan Nusa Dua

125__1_of_1__ZD8.JPG
Kedai kopi tampak luar (c) Helga Christina/Travelingyuk

Rumah Kopi Jan Guno beralamat di Jalan Siligita, Kecamatan Kuta Selatan, Nusa Dua. Lokasinya searah dengan objek wisata Waterblow dan Sangta. Sangat mudah ditemukan lantaran berada persis di pinggir jalan utama. Mereka biasanya buka mulai pukul 09.00 hingga 22.00.

127__1_of_1__ukg.JPG
Area duduk outdoor (c) Helga Christina/Travelingyuk

Sebagai warga Nusa Dua, kehadiran kedai kopi ini sangat membantu. Sebab mencari kafe nyaman untuk nongkrong di sekitar sini memang agak susah. Keberadaan Jan Guno bikin saya kini tak perlu jauh-jauh ke Kuta untuk sekedar menikmati me time ditemani secangkir kopi favorit.

Bernuansa Klasik

122__1_of_1__4MB.JPG
Salah satu sudut ruangan (c) Helga Christina/Travelingyuk

Bangunan kafe ini sebenarnya tidak terlalu besar, namun Teman Traveler masih bisa pilih duduk di area outdoor maupun indoor. Jika memilih masuk, kalian bakal langsung disambut ramah oleh perwakilan staff, yang sekaligus menawarkan oshibori alias handuk dingin untuk sekedar menyeka wajah dan menyegarkan diri.

Secara umum, suasana di Jan Guno memang sedikit berbeda. Jika kedai kopi kekinian umumnya coba tonjolkan suasana modern, di sini justru sebaliknya. Saya merasa seperti masuk ke rumah sendiri, sebab interiornya mengusung gaya klasik nan sederhana. Begitu pula dengan semua perabotannya.

109__1_of_1__H0d.JPG
Deretan hiasan bernuansa lawas (c) Helga Christina/Travelingyuk

Di beberapa sudut terdapat sejumlah asesoris lawas seperti mesin ketik tua. Pokoknya duduk lama di sini rasanya benar-benar nyaman, bagaikan seperti berada di rumah zaman dulu. Bahkan lama-lama terasa seperti di rumah sendiri!

Menu Baru Tiap Minggu

106__1_of_1__kf0.JPG
Deretan menu yang tersedia (c) Helga Christina/Travelingyuk

Uniknya lagi, di sini menu makanan yang ditawarkan bersifat tematik dan selalu berubah tiap minggu. Ketika saya mampir, mereka sedang menghadirkan beberapa sajian seperti bakso, nasi goreng ayam, gado-gado ulek, mie kopyok, spaghetti bolognese, serta salmon aglio.

Mereka juga tawarkan beberapa sajian kue dan camilan. Sama seperti menu makanan berat, variannya juga tematik dan terus di-update setiap pekan.

120__1_of_1__cMm.JPG
Nasi Goreng Ayam (c) Helga Christina/Travelingyuk

Saya sendiri akhirnya memilih pesan nasi goreng ayam. Seporsinya dihargai Rp40.000, dengan rasa yang menurut saya lumayan enak. Nasinya pun lumayan banyak dan mengenyangkan Teman Traveler.

Kue Kering Homemade

124__1_of_1__zhw.JPG
Deretan kue kering yang ditawarkan (c) Helga Christina/Travelingyuk

Kedai kopi ini juga tawarkan beragam makanan ringan dan snack seperti kerupuk, kue kering, dan masih banyak lagi. Khusus untuk kue kering, semuanya dibuat langsung oleh sang pemilik kafe alias homemade. Soal harga tenang saja, masih cukup terjangkau kantong kok Teman Traveler.

Spesialis Kopi

114__1_of_1__9mK.JPG
Ice Cafe Latte (c) Helga Christina/Travelingyuk

Sesuai namanya, Jan Guno juga sediakan aneka racikan kopi dengan beragam metode brewing. Teman Traveler bisa pesan espresso, flat white, long black, dan aneka jenis kopi lainnya.

Saya sendiri memilih Ice Cafe Latte yang segelasnya dihargai Rp30.000 saja. Buat Teman Traveler yang bukan penikmat kopi, bisa pesan minuman lain seperti jus, squash, maupun mocktail. Tingal sesuaikan dengan selera saja.

108__1_of_1__ksL.JPG
Deretan menu kopi (c) Helga Christina/Travelingyuk

Itulah sedikit pengalaman saya santai sejenak di Rumah Kopi Jan Guno, Nusa Dua. Buat Teman Traveler yang mencari pengalaman ngopi tenang bagaikan rumah sendiri, tempat ini bisa jadi pilihan. Jangan lupa mampir jika sedang menjelajah wisata Bali ya.

Tags
Bali kontributor kuliner bali Travelingyuk
Share