Sensasional! Nikmatnya Rujak Selingkuh, Penggoda Lidah yang Ampuh

Advertisement
Advertisement

Sudah jadi tradisi bagi perantau dari Pulau Madura, untuk pulang kampung saat Hari Raya Idul Adha. Tak hanya untuk menunaikan kewajiban untuk berkurban, pulang ke kampung halaman juga bisa dimanfaatkan untuk kulineran makanan legendaris. Khususnya di Sumenep ada kuliner dengan nama unik yaitu Rujak Selingkuh. Seperti apa ya rujak yang namanya sensasional ini?

Kombinasi Dua Kuliner dalam Satu Porsi

Rujak Selingkuh Sumenep [image source]
Di Banyuwangi ada rujak soto dan pecel rawon, dua makanan yang dikombinasikan jadi satu sajian khas dan nendang di lidah. Ternyata menu yang sejenis juga ada di Sumenep, apalagi kalau bukan Rujak Selingkuh. Nama ini sengaja dipilih untuk menggambarkan keunikannya, yaitu rujak khas Jawa Timur tapi berkuah. Rasanya gurih karena ada bumbu kacang dan petis yang dihaluskan layaknya bumbu rujak pada umumnya. Setelah itu ditambah dengan kuah soto babat untuk menciptakan kelezatan maksimal.

Rujak Selingkuh Sumenep [image source]

Berbagai Campuran yang Bikin Rasanya Makin Menggigit

Rujak Selingkuh Sumenep [image source]
Selain kuah soto babat yang dicampur dengan bumbu rujak, ada juga potongan buah segar dan olahan singkong yang diiris tipis-tipis. Kemudian masih ada taburan kacang kedelai yang sebelumnya telah digoreng dengan gula. Porsinya lumayan banyak, dan mengenyangkan karena dilengkapi dengan lontong.

Rujak Selingkuh Sumenep [image source]

Berbagai Menu Lain Juga Tidak Kalah Enak

Rujak Cingur [image source]
Belum puas dengan Rujak Selingkuh ala Sumenep? Wajib mencicipi rujak cingurnya. Irisan cingur sapi jadi kenikmatan tersendiri ketika digigit apalagi menyantapnya dengan bumbu uleg yang diracik dengan bahan-bahan spesial. Minumannya juga beragam, kamu bisa mencoba es teh, es jeruk, kopi, hingga soda gembira. Ada juga Soto Babat khas Sumenep yang bikin perutmu makin kenyang. Masih kuat nambah satu porsi lagi?

Soto Babat [image source]

Harga Rujak Selingkuh khas Sumenep

Soto Selingkuh Sumenep [image source]
Meski hadir dengan sajian yang beda dan porsi banyak, Rujak Selingkuh tidak serta merta jadi mahal. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp13.000 per porsi. Murah meriah dan pastinya enak di lidah. Warung ini bisa kamu temukan di Jl. DR. Wahidin, Pajagalan, Sumenep. Buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 08.30 WIB. Dari sini kamu bisa santai di Alun-alun Sumenep karena jaraknya hanya 4 menit berjalan kaki atau ke Museum Keraton Sumenep.

Soto Selingkuh Sumenep [image source]
Itulah kuliner Madura yang sensasional namanya, Rujak Selingkuh. Kamu berencana pulang kampung ke Madura dalam waktu dekat ini? Jangan lupa makan di sini dan jalan-jalan di objek wisata Sumenep ya!

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur Madura Rujak
Share