Rujak Kolam Medan, Kuliner Pedas yang Menggugah Selera

Advertisement

Jajanan apa yang paling kamu sukai saat liburan ke Medan? Buah durian atau kelezatan martabak piring dengan aneka topping? Semuanya memang spesial, termasuk rujak khas Medan yang namanya sudah terkenal hingga seantero negeri. Namanya Rujak Kolam Medan yang tidak hanya pedas tapi juga unik karena bumbunya. Penasaran keunikan dari camilan ini? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut.

Asal Usul Nama Rujak Kolam Medan

Rujak tepi kolam
Rujak tepi kolam via instagram/@medanwisata

Bukan sekedar nama yang unik, ternyata Rujak kolam memiliki asal usul. Sebutan tersebut diambil karena penjual jajanan ini berada di dekat Kolam Deli. Objek wisata bersejarah yang merupakan warisan dari kerajaan terdahulu. Jumlah penjual hidangan ini tidak hanya satu, melainkan banyak. Konon mereka sudah bersudah berjualan sejak era 60-an.

Rujak kolam di Medan
Rujak kolam di Medan via instagram/@chax06

Bumbu Spesial dengan Tumbukan Kacang Kasar

Seporsi rujak kolam
Seporsi rujak kolam via instagram/@kulinermedan

Tak jauh beda dengan lainnya, rujak ini menggunakan bumbu ulekan tangan. Meski jumlah pembeli makin banyak, mereka enggan untuk menggunakan alat modern. Hal ini tidak lain karena cita rasa yang dihasilkan berbeda. Bahan yang digunakan juga menggunakan kacang. Namun, bahan tersebut ditumbuk kasar sehingga teksturnya masih terasa saat digigit.

Proses menghaluskan kacang
Proses menghaluskan kacang via instagram/@yuriparkin

Pilihan Buah yang Segar

Buah segar rujak kolam
Buah segar rujak kolam via instagram/@nie_hui

Keunikan dari Rujak Kolam Medan tidak hanya karena bumbunya. Namun, isi buah yang digunakan juga banyak. Setidaknya ada sekitar 8 sampai 10 buah yang terdiri dari semangka, nanas, jambu air, jambu glutuk, bengkoang, pepaya, kedondong, timun, dan mangga. Menariknya, ada tambahan pisang muda yang membuat jajanan ini berbeda dari lainnya.

Pilihan buah segar
Pilihan buah segar via instagram/@kulinerkoko

Cabang Jakarta yang Cukup Terkenal

Rujak Kolam Medan di Jakarta
Rujak Kolam Medan di Jakarta via instagram/@lidyanatalia89

Tak sempat ke Medan? Kamu masih bisa merasakan lezatnya rujak ini. Letaknya berada di pusat perbelanjaan Mangga Dua. Jangan khawatir, resep rujak di sini berasal dari Medan. Bahkan, beberapa bahan seperti petis udang didatangkan dari ibukota Sumatera Utara. Menariknya, kamu bisa memesan porsi komplit atau sesuai selera. Rasanya tentu saja tak jauh beda.

Rujak Kolam Medan, Jakarta
Rujak Kolam Medan, Jakarta via instagram/@nanakoot_culinary

Nah, sudah tahu kan bentuk dari Rujak Kolam Medan yang namanya sudah kondang ini? Bagaimana, tertarik untuk mencobanya bukan?

Advertisement
Tags
Indonesia kuliner medan Medan Sumatera Utara
Share