Pilihan Bukit di Pulau Jawa, Karakter Unik Tapi Tetap Fotogenik

Advertisement

Lansekap alam Indonesia memang memiliki karakter yang beragam. Mulai dari gunung, tebing, air terjun, hingga laut. Begitupun dengan perbukitan yang tersebar dari ujung timur hingga barat. Banyak destinasi wisata perbukitan alami yang memiliki pemandangan berbeda. Karakternya pun juga bermacam-macam, seperti yang dapat dilihat pada bukit di Jawa ini.

1. Terasering Panyaweuan, Majalengka

Panorama perkebunan yang berbentuk terasering via instagram
Panorama perkebunan yang berbentuk terasering via instagram/@udin_pandusetiajii

Terasering Panyaweuan berada di Majalengka, Jawa Barat. Lokasinya berada di ketinggian 400-2000 meter di atas permukaan laut. Terasering yang memiliki kemiringan 25-45 derajat ini memiliki hasil bumi yang beragam. Kamu dapat menemukan daun bawang, padi, ubi jalar, hingga bawang merah.

2. Bukit Cumbri, Wonogiri

Pemandangan dari atas Bukit Cumbri via instagram
Pemandangan dari atas Bukit Cumbri via instagram/@zulfikriprayogi_96

Bukit Cumbri memiliki pemandangan menyerupai negeri di atas awan Wonogori. Secara administratif, tempat ini termasuk dalam dua daerah. Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah dan Kabupatenn Probolinggo Jawa Timur. Terdapat dua puncak yang dapat didaki pada tempat ini. Puncak pertama menghadap ke barat dan ketinggiannya lebih rendah. Sedangkan yang kedua menghadap ke timur.

3. Kawah Wurung, Bondowoso

Lansekap di Kawah Wurung Bondowoso
Lansekap di Kawah Wurung Bondowoso via instagram/@anuakbar_

Kawah Wurung berada tak jauh dari Gunung Ijen, namun namanya tak sepopuler wisata andalan Banyuwangi tersebut. Tempat ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Bondowoso dan memiliki savana yang terbentang luas. Tempat yang memiliki ketinggian mencapai 1500 mdpl ini juga memiliki perbukitan yang ada di kawasan savananya.

4. Bukit Teletubbies, Sukabumi

Bukit Teletubies Sukabumi saat matahari tenggelam via instagram
Bukit Teletubies Sukabumi saat matahari tenggelam via instagram/@aditia.putra.21

Di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, terdapat pemandangan rumput hijau yang tersebar luas dan memiliki gundukan. Karena bentuk alamnya seperti itu, masyarakat sekitar memberinya nama Bukit Teletubies. Saat tertentu, warga sekitar juga menggunakan tempat ini untuk menggembala sapi.

Beberapa tempat yang telah disebutkan tersebut merupakan contoh karakter perbukitan yang dapat ditemui di Indonesia. Tanah nusantara memang memiliki keindahan alam yang begitu beragam. Sehingga menjelajah Indonesia adalah kegiatan yang tak pernah membosankan untuk dilakukan. Daerah mana yang paling ingin kamu jelajahi?

Advertisement
Tags
Bukit di Jawa Indonesia Jawa Perbukitan
Share