Roti Gempol Bandung, Rasanya Nampol Nikmatnya Dua Jempol

Sudah jadi rahasia umum bahwa Bandung memiliki banyak kuliner enak. Dari jadul hingga kekinian, semuanya ada di Kota Kembang. Salah satu yang pantang Teman Traveler lewatkan adalah Roti Gempol Bandung, sebuah sajian legendaris dan sangat populer.

Pelanggan Roti Gempol sudah lumayan banyak, bahkan Teman Traveler harus siap mengantre untuk bisa mencicipi sajian kuliner Bandung satu ini. Lantas seperti apa sih kenikmatan yang ditawarkan? Yuk, simak ulasan lengkap berikut ini.

Berdiri Sejak 1958

20190827_094815_01_3200x1800_5ED.jpeg
Roti Gempol Bandung (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Jika sedang tak ingin makan berat, Roti Gempol bisa jadi jujugan tepat untuk ngemil. Tempat yang jadikan roti bakar sebagai menu utama ini sudah sangat terkenal di seantero Bandung.

Hadir sejak 1958, kedai Roti Gempol miliki cita rasa khas yang terus konsisten selama beberapa dekade. Tak heran pelanggannya kini sudah ratusan. Saking banyaknya, kalian harus rela antre panjang jika ingin mencicipi kenikmatannya, terlebih di jam-jam sibuk.

20190827_101200_01_3200x1800_NGa.jpeg
Suasana dalam warung (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Beralamat di Jalan Gempol Wetan No.14, Citarum, Bandung Wetan, kedai roti ini menempati sebuah bangunan lawas. Itulah mengapa warungnya lantas dinamai demikian. Meski harus melalui gang sempit di sekitaran Pasar Gempol, lokasi kuliner ini cukup mudah ditemukan kok.

Teman Traveler bisa mampir ke sini antara pukul 07.00 sampai 21.00, sehingga bisa jadi andalan pengganjal perut saat jam sarapan maupun makan siang, dan malam.

Favorit Semua Kalangan

20190827_094743_01_kQh.jpeg
Proses pembakaran roti (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Saya mampir ke Roti Gempol saat pagi menjelang siang. Kala itu di dalam kedai sudah dipadati pelanggan, baik yang makan di tempat maupun dibungkus bawa pulang. Tampak pula beberapa driver online yang sedang antre di area depan.

Saking ramainya, saya perlu menunggu beberapa saat sebelum mendapat tempat duduk. Sambil menunggu pesanan dibuat, pelanggan bisa melihat aksi para karyawan meracik roti bakar. Semuanya dilakukan langsung di depan para calon pembeli. Aroma yang dihasilkan begitu harum dan terasa sedap, bikin saya makin tak sabar untuk mencicipi.

20190827_095940_01_3200x1800_VHt.jpeg
Pelanggan dari semua kalangan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Warung roti bakar ini bisa dibilang cukup kecil, dengan meja sebanyak enam buah dan sofa memanjang menghadap satu arah. Di depan area duduk terdapat etalase berisi roti tawar, snack, dan selai, serta meja kasir.

Meski ruangannya cukup mungil, suasananya cukup nyaman dengan pegawai yang ramah. Sementara itu, kebanyakan pembeli berasal dari kalangan anak muda. Ada yang datang bergerombol, ada pula yang berpasangan. Namun demikian, yang tua pun tak mau kalah. Saya sendiri sempat bertemu rombongan ibu-ibu kala mampir ke Roti Gempol.

Spesialis Roti Tawar

20190827_102129_01_3200x1799_u8u.jpeg
Roti tawar putih dan gandum (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Sudah eksis selama 60 tahun, cita rasa Roti Gempol tentu tak perlu diragukan lagi. Mereka sediakan roti gandum dan putih sebagai bahan utama. Roti gandum teksturnya lebih padat dan memiliki banyak serat. Kerap jadi best seller di sini.

Meski demikian, roti putih juga tak kalah populer. Teksturnya lebih empuk dan lembut. Istimewanya, semua roti di sini merupakan hasil produksi sendiri. Jadi kualitasnya terjamin dan disajikan fresh from the oven.

Porsi Perseorangan dan Ririungan

20190827_102256_01_3200x1800_PeL.jpeg
Porsi perseorangan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Roti Gempol tawarkan dua jenis porsi yaitu perseorangan dan ririungan. Porsi perseorangan cocok buat Teman Traveler yang makan sendirian, sementara ririungan bisa dipesan jika kalian datang untuk makan roti bakar beramai-ramai.

Saya sendiri memesan porsi perseorangan. Namun demikian, rotinya cukup mengenyangkan lho. Rotinya cukup tebal, sehingga lebih dari cukup untuk mengganjal perut. Sementara untuk ririungan, ukurannya lebih besar dan terdiri dari 10 potong roti bakar, lebih banyak empat buah dari porsi perseorangan.

Banyak Menu Menggugah Selera

20190827_094755_01_3200x1799_Hng.jpeg
Isian untuk roti (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Rotinya sendiri sudah enak, bagaimana jika ditambah isian? Tentu akan lebih mantap lagi. Nah, di sini Teman Traveler bisa pesan dua varian rasa utama, manis dan asin. Kategori manis terdiri dari selai coklat, susu, kacang, srikaya, nanas, dan stroberi.

roti gempol Bandung
Roti dengan cokelat dan selai (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Sedangkan untuk kategori asin, roti akan disajikan bersama isian telur dan keju. Selain itu masih ada pilihan rasa mix keju, khusus buat pelanggan yang ingin sensasi manis dan asin berpadu jadi satu. Hmm, semuanya terdengar menggiurkan ya?

roti gempol Bandung
Isian melimpah (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Tak hanya itu, ada juga menu spesial dengan isian daging telur dan daging keju. Jika belum cukup, Teman Traveler bisa pesan menu komplet dengan filling daging, telur, dan keju. Semuanya memiliki cita rasa khas tersendiri, tinggal sesuaikan dengan selera masing-masing. Kalau favorit kalian yang mana nih?

Bicara soal harga, menu roti bakar manis dibanderol antara Rp 11.000-Rp35.000. Sementara untuk menu asin dan manis mix keju ditawarkan antara Rp14.000–Rp40.000. Ada juga menu spesial yang dibanderol antara Rp19.000–Rp48.000, serta menu komplet dengan kisaran harga Rp21.000–Rp53.000.

Terbukti Enaknya

20190827_102246_01_3200x1800_Bvj.jpeg
Roti gandum rasa manis (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Saya memesan dua macam roti, yakni Gandum Manis dan Putih Asin. Roti gandumnya saya tambahkan isian cokelat, selai kacang, dan sarikaya. Di sini memang untuk rasa manis kita bisa memilih maksimal tiga rasa.

Sementara untuk roti putih saya mencoba rasa asin dengan isian telur dan keju. Telurnya merupakan telur dadar sementara kejunya diparut. Ada tambahan mayonais di dalamnya. Kita juga bisa menambahkan saus untuk mendapatkan sensasi pedas.

roti gempol Bandung
Roti putih rasa asin (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Rasanya? Baik Roti Gandum Manis maupun Putih Asinnya benar-benar memanjakan lidah. Bagian luar terasa garing, tapi dalamnya begitu lembut. Isiannya pun tidak pelit, bahkan cokelat, selai, dan keju di dalamnya dioles dan ditabur cukup merata. Disajikan panas-panas, kedua menu pesanan saya ini sanggup menggoyang lidah dan membuat mulut seolah sulit berhenti mengunyah.

Bisa Jadi Buah Tangan

roti gempol Bandung
Roti tawar siap dibeli (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Tak sedikit pembeli yang membeli roti tawar buatan Toko Gempol untuk dibawa pulang. Tersedia juga selai yang mereka gunakan, jika Teman Traveler ingin merasakan cita rasa roti bakar legendaris ini di rumah.

Rotinya sendiri terdiri dari empat jenis: tawar biasa, spesial, super, dan gandum. Semuanya dibanderol antara Rp11.000 hingga Rp16.000 per bungkus.

Menu lain yang tak boleh lewat untuk dicoba adalah donat klasik dengan topping gula putih halus. Selain itu masih ada beberapa kue dan snack yang rasanya sama-sama nikmat.

Cita rasa legendaris Roti Gempol Bandung memang terbukti nampol. Pantas untuk diberi dua jempol. Buat Teman Traveler yang penasaran dengan rasanya dan sedang menjelajah wisata Bandung, yuk langsung mampir ke sini.

Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat kontributor kuliner kuliner bandung roti gempol Bandung Travelingyuk
Share