Mengenal Rosti Swiss, Jamuan Istimewa untuk Kim Jong Un di Inter-Korea Summit

Advertisement

Pertemuan antara pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In pada tanggal 27 April 2018 lalu menyisakan banyak cerita. Salah satunya makanan yang dihidangkan dalam acara Inter-Korea Summit tersebut. Dilansir dari The Guardian, setidaknya ada 10 hidangan yang disajikan. Salah satunya Rosti Swiss. Penasaran kan dengan jamuan istimewa ini? Yuk, simak ulasannya berikut.

Hidangan Istimewa dari Benua Biru

Seporsi Rosti Swiss
Seporsi Rosti Swiss via instagram/@tdarya

Pernah dengar rosti? Nama lain dari roschti ini adalah hidangan dari Swiss yang bahan utamanya terbuat dari kentang. Cara memasaknya terbilang unik karena kentang terlebih dahulu diparut kasar. Kentang yang dipilih juga harus berkualitas. Begitu pula dengan minyak dan mentega yang digunakan untuk menggoreng. Hal ini tentu saja berpengaruh pada citarasanya.

Menu Sarapan yang Difavoritkan

Rosti Swiss yang menggugah selera
Rosti Swiss yang menggugah selera via instagram/@followmetoswitzerland

Rosti tidak hanya memanjakan lidah, tapi juga mengenyangkan. Hidangan ini awalnya merupakan menu sarapan yang biasa disantap oleh petani di Kanton Bern. Namun, kini menjadi salah satu makanan yang biasa dikonsumsi oleh warga Swiss. Bahkan tidak sedikit negara lain yang menyajikan menu ini sebagai pendamping menu utama.

Cara Memasak yang Makin Beragam

Cara memasak Rosti
Cara memasak Rosti via instagram/@sahelbetschart

Setelah parutan kentang selesai, bahan yang digunakan untuk rosti harus dicetak terlebih dahulu. Caranya sangat mudah hanya dengan membentuknya menjadi bundar. Kira-kira berukura 3 sampai 12 cm. Selain digoreng, ternyata ada teknik memasak lain yang belakang lebih populer. Hidangan ini dipanggang dalam oven. Citarasanya tak kalah menggugah selera. Apalagi jika dihidangkan bersama dengan daging asap.

Asal Disajikan Spesial untuk Kim Jong Un

Menu rosti yang mengenyangkan
Menu rosti yang mengenyangkan via instagram/@the_aeschli

Kehadiran rosti Swiss dalam jamuan makan Kim Jong Un ini memang menarik perhatian. Meski belum dikonfirmasi, kemungkinan besar menu tersebut dirancang agar Kim Jong Un bisa mengenang momen indahnya saat belajar di Swiss. Dilansir dari Telegraph, Kim Jong Un pernah menempuh pendidik di Swiss pada tahun 1998 hingga 2000. Tentunya menu tersebut tak asing lagi baginya.

Nah, itulah fakta unik tentang rosti Swiss yang menjadi salah satu menu dalam jamuan Inter-Korea Summit. Bagaimana, sudah pernah mencobanya

Advertisement
Tags
Korea Selatan Korea Utara Makanan Khas Swiss Roti Khas Swiss Swiss
Share