RM Cibiuk Bandung, Jatuh Cinta dengan Nasi Liwet Dadakan-nya

Apa yang paling diburu Teman Traveler jika sedang keliling wisata Bandung? Kalau saya, yang sama sekali tak boleh terlewat adalah jelajah kuliner. Nah, kali ini saya pilih mampir ke RM Cibiuk yang sajikan masakan khas Sunda. Alamatnya ada di Jalan Soekarno Hatta No.508.

img_20190714_120513_kPP.jpg
Lahan parkirnya lumayan luas (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sebenarnya saya mampir ke rumah makan ini tanpa rencana. RM Cibiuk saya pilih karena saat itu lokasinya paling dekat. Namun setelah dicoba, sajian mereka ternyata sama sekali tak mengecewakan. Saya justru langsung jatuh cinta pada nasi liwetnya. Penasaran dengan pengalaman saya bersantap di RM Cibiuk? Simak ulasan lengkapnya berikut ini yuk.

Eksis Sejak 1999

img_20190714_131814_jUX.jpg
Rumah makan tampak depan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Menelusuri sejarah RM Cibiuk, resto ini mulanya berawal dari warung makan sederhana milik H. Iyus Ruslan yang eksis sejak November 1999. Berkat keuletannya menekuni bisnis kuliner khas Sunda, Rumah Makan Cibiuk makin berkembang hingga menjadi populer seperti sekarang.

img_20190714_120541_Eug.jpg
Suasana di dalam resto (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Menurut informasi dari situs resminya, RM Cibiuk ternyata sudah punya banyak outlet. Selain cabang utama yang saya sambangi, mereka juga sukses membuka depot di Jatinangor, Tasikmalaya, Ciamis, Garut, Jakarta, Bekasi, Karawang, Cianjur, Cikampek, dan Serang.

Nasi Liwet Dadakan Jadi Menu Andalan

img_20190714_123033_dJX.jpg
Nasi liwetnya dijamin bikin jatuh cinta (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Nasi liwet langsung mencuri perhatian saya setelah pelayan menyodorkan daftar menu. Tanpa ragu, saya yang datang bersama rombongan keluarga langsung memesan dua bakul. Yang spesial, penyajian liwet di sini selalu dilakukan dadakan, artinya hadir dalam kondisi baru. Tak heran jika liwet jadi menu andalan dan favorit di Cibiuk.

Uniknya lagi, Teman Traveler bisa pilih jenis beras yang ingin dijadikan nasi liwet. Selain beras putih, ada pula beras merah dan beras hitam. Bikin penasaran ya?

Kuliner Khas Sunda yang Menggoda

img_20190714_123124_V2G.jpg
Sop Gurame yang khas (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Melihat pilihan menu di RM Cibiuk, Teman Traveler dijamin bakal kebingungan sendiri menentukan pesanan. Pasalnya, varian makanan dan minuman di resto ini cukup beragam. Hampir semuanya menggoda selera. Mulai dari aneka olahan gurame, ayam goreng, gepuk, sop iga, cah kangkung, tahu tempe, hingga sambal serta lalapan.

img_20190714_123009_WiK.jpg
Cah Kangkung yang wajib dipesan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Jika datang bersama rombongan, paket nasi liwet yang terdiri dari sebakul nasi, lauk, sambal, dan lalapan bisa jadi alternatif menu untuk dipesan. Porsinya cukup banyak, cukup untuk dua sampai lima orang.

Sambal Cibiuk Tak Boleh Terlewat

img_20190714_123015_z4e.jpg
Sambal Cibiuk (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Selain nasi liwet, sambal khas Cibiuk juga jadi menu favorit lainnya di sini. Campurannya terdiri dari tomat hijau segar, cabe rawit, bawang merah, daun kemangi, kencur, terasi, dan garam. Wajib banget masuk daftar pesanan Teman Traveler.

img_20190714_120719_9O3.jpg
Pilihan sambal dan lalapan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Pilihan sambal lainnya juga ada. Teman Traveler bisa ambil sendiri dengan harga Rp3.000-an per sambal. Menariknya, sambal-sambal di sini diberi nama sesuai silsilah keluarga dalam Bahasa Sunda. Sebutlah Sambal Aki, Sambal Nini, Sambal Uyut, Sambal Apa, Sambal Ema, Sambal Incu, Sambal Bibi, dan Sambal Mitoha. Unik banget.

Hadirkan Suasana Lega dan Nyaman

img_20190714_120757_mwE.jpg
Saung di area belakang resto (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sebagai cabang utama, RM Cibiuk Soekarno Hatta Bandung bisa jadi pilihan tepat untuk santap bersama keluarga besar atau rombongan. Ruangan restonya cukup luas dan terdiri dari dua lantai, hadirkan suasana lega dan nyaman. Ditambah lagi dengan pilihan saung di area belakang yang tawarkan nuansa outdoor.

Rumah makan ini buka tiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 22.00. Wajib banget masuk destinasi kuliner kalian saat singgah di Bandung. Pastikan untuk pesan nasi liwet dadakan dan Sambal Cibiuk supaya tak menyesal.
Bagaimana Teman Traveler, tertarik mencoba?

Tags
Bandung kontributor kuliner bandung rm cibiuk bandung Travelingyuk
Share