Kuliner Khas Sunda yang Langka, Butuh Usaha untuk Menyantapnya

Bukan hanya budayanya, Sunda juga terkenal akan kulinernya yang beragam. Nasi liwet, karedok, gepuk, merupakan makanan yang sering dijumpai. Namun, dari sekian banyaknya pilihan terdapat kuliner khas Sunda yang langka dan agak sulit ditemukan. Hal tersebut didasari oleh beberapa alasan. Kira-kira kuliner apa saja ya yang langka? Simak pembahasan di bawah ini ya.

Kadedemes

Sayur kadedemes
Sayur kadedemes via Instagram/mutiarakuliner

Bagi sebagian orang, kata kadedemes asing terdengar. Namun bagi orang-orang jaman dulu, kadedemes merupakan salah satu santapan andalan. Hidangan ini terdiri dari kulit singkong yang berwarna putih sebagai bahan baku utamanya. Walau terdengar aneh, masyarakat Sunda malah mencampurnya dengan bumbu tumis. Pengolahannya pun ada yang dioseng dengan menggunakan tambahan udang dan petai. Ketika mengolah singkong, biasanya kulitnya dibuang. Namun, untuk beberapa orang mereka mengolahnya menjadi makanan dengan rasa yang enak.

Ulukutek Leunca

Ulukutek Leunca
Ulukutek Leunca via Instagram/silfiapratiwi

Salah satu masakan Sunda yang juga langka adalah Ulukutek Leunca. Hidangan ini terdiri dari leunca atau disebut dengan ranti yang merupakan sejenis sayuran dengan rasa yang pahit dan oncom. Walaupun terasa pahit namun bisa diolah menjadi makanan yang enak. Kuliner ini menjadi salah satu kuliner khas Sunda yang sering dijadikan sebagai menu utama. Tak hanya itu, leunca sendiri juga sering dijadikan sebagai obat herbal baik daun dan buahnya karena memiliki banyak khasiat seperti obat anti bakteri, baik untuk penderita hipertensi atau jantung, dan lain-lain. Biasanya penggemar hidangan ini adalah orang tua, karena peminatnya berkurang maka dari itu cukup sulit untuk ditemukan.

Misro

Jajanan tradisional Misro
Jajanan tradisional Misro via Instagram/dewi.yuliana23

Misro merupakan jajanan langka khas Sunda. Misro merupakan kependekan dari “Amis di Jero” dalam bahasa Indonesia artinya adalah manis di dalam. Berbahan baku utama parutan singkong, jajanan satu ini diisi dengan gula merah cair kemudian digoreng sehingga rasanya manis, gurih, dan sedikit renyah.

Ada beberapa alasan mengapa jajanan satu ini sudah sulit untuk ditemukan. Faktor di antaranya adalah jarang ditemuinya pedagang yang menjajakan makanan tersebut, kemudian rasa makanan kekinian tidak kalah dengan jajanan tradisional, dan lain-lain.

Bakakak Ayam

Bakakak ayam
Bakakak ayam via Instagram/witri_pipit

Beruntungnya, kuliner khas Sunda yang langka ini masih bisa ditemui hingga sekarang. Ayam Bakakak ini merupakan olahan ayam bakar sederhana yang cara masaknya harus di ungkep terlebih dahulu bersama santan dan bumbu. Ayam yang digunakan pun harus dalam keadaan utuh. Langkah pertama harus dibersihkan dahulu jeroannya, bagian tengahnya dibelah kemudian dilumuri bumbu, dan terakhir siap untuk dipanggang di atas bara api. Kuliner satu ini sering dijumpai di beberapa perayaan adat. Selain dibakar dan diungkep, kuliner satu ini juga bisa digoreng kering.

Itulah sekian kuliner khas Sunda yang langka dan agak sulit untuk ditemukan. Apakah Teman Traveler sudah sempat mencoba beberapa pilihan kuliner di atas?

Tags
Indonesia Jawa Barat kuliner kuliner sunda kuliner sunda langka Sunda
Share