Ada Kembaran Stonehenge di Skotlandia

Advertisement

Monumen batu yang juga dikenal sebagai situs megalitikum di Inggris bernama Stonehenge memang sudah dikenal luas oleh dunia. Ternyata situs serupa juga ditemukan di Skotlandia dengan nama yang berbeda. Situs ini disebut dengan Ring of Brodgar. Monumen batu berumur ribuan tahun dengan sejarah yang sama-sama masih menjadi misteri.

Melihat foto-foto dari Ring of Brodgar di bawah ini pasti akan mengingatkan memorimu pada situs sejenis bernama Stonehenge. Monumen batu yang disusun secara misterius membentuk pola melingkar. Tapi ini adalah situs yang berbeda, tempatnya juga bukan di Inggris melainkan Skotlandia. Ring of Brodgar berada di Kepulauan Oarkney yang memang dikenal memiliki banyak peninggalan zaman batu.

Ring of Brodgar, via instagram
Ring of Brodgar, via instagram

Seperti keterangan yang dilansir Travelingyuk dari laman resmi Visit Scotland, situs kuno ini diketahui pertama kali oleh seseorang dari abad ke-16 bernama Jo Ben. Sosok penemu ini pun juga misterius karena hingga kini identitas orang ini belum diketahui secara pasti apakah ia seorang arkeolog atau bukan. Namun dalam catatannya, ia menuliskan bahwa situs itu totalnya memiliki 60 batu yang berdiri tegak seperti tombak dan berbentuk melingkar.

Meski catatan tentang situs ini sudah ada sejak abad ke-16 namun barulah tahun 1906 dilakukan revitalisasi. Batu-batu yang tadinya roboh mulai di pasang kembali pada pondasi aslinya meskipun tidak semuanya bisa dipulihkan. Hingga saat ini hanya ada 27 batu yang masih tegak berdiri.

Ring of Brodgar berada di Skotlandia, via instagram
Ring of Brodgar berada di Skotlandia, via instagram

Secara umum para peneliti menyimpulkan jika monumen batu tersebut telah dibangun antara 2000 hingga 2500 tahun sebelum masehi. Dengan begitu keberadaan Ring of Brodgar memang tidak kalah kuno dibanding dengan Stonehenge. Menilik pada ukuran situs, Ring of Brodgar ini punya luas 104 meter persegi yang tersusun dari batu-batu kuno berukuran tinggi antara 2,1 meter hingga 4,7 meter.

Diperkirakan Ring of Brodgar memiliki umur yang sama kuno dengan Stonehenge, via instagram
Diperkirakan Ring of Brodgar memiliki umur yang sama kuno dengan Stonehenge, via instagram

Situs kuno yang ada di Skotlandia ini telah tercatat sebagai Situs Warisan Dunia pada Desember 1999 oleh UNESCO. Keberadaannya menambah koleksi situs neolitik yang ada di Pulau Oarkney. Melihat dari bentuknya para peneliti meyakini jika dahulu situs batu tersebut digunakan sebagai tempat untuk melangsungkan ritual keagamaan. Nah kalau kamu traveling ke Skotlandia, sempatkan untuk berkunjung ke situs ini.

Advertisement
Tags
Ring of Brodgar Skotlandia Stonehenge
Share