5 Restoran di Suriname yang Menyediakan Menu Kuliner Nusantara

Advertisement

Sensus Suriname tahun 1990 menunjukkan bahwa hampir seperempat penduduknya adalah keturunan Suku Jawa. Hal itu tak lepas dari sejarahnya di masa silam ketika Belanda mengirimkan pribumu sebagai tenaga kerja ke Suriname. Berbagai nuansa Jawa juga ikut terbawa ke negara dengan Ibukota Paramaribo itu, termasuk makanannya. Berikut ini adalah Restoran di Suriname yang menyajikan menu kuliner Nusantara terutama Jawa.

1. Jakarta Taste of Java

Menu Jakarta Taste of Java [image source]
Datang saja langsung ke ke Kota Paramaribo, kamu akan merasa seperti sedang mampir ke rumah sudara jauh. Apalagi jika sempat ke restoran Jakarta Taste of Java. Jangan risaukan soal rasa, karena kulinernya jelas khas Nusantara. Kita berbicara dulu soal dekorasi, nampak mewah dan elegan serta menghadirkan susana yang tenan. Beberapa menu yang bisa kamu beli adalah soto dengan kuah lezat, sate sapi, dan tentu saja nasi goreng.

Menu Jakarta Taste of Java [image source]
Nama tempat : Jakarta Taste of Java

Alamat : 23, Picasso St, Paramaribo, Suriname

Telepon : +597 450-967

Web : jakartatasteofjava.com/

2. Mirosso Indonesian Restaurant

Mirosso Indonesian Restaurant [image source]
Rasa khas masakan Jawa juga tersuguh dengan memikat di Mirosso Indonesia Restaurant, kamu bisa menikmati seporsi sup ayam hangat hingga olahan soto serta pecel. Untuk dua orang, rata-rata harganya bisa mencapai SRD 200 atau sekitar Rp350.000,00. Mahal tapi lumayan enak, kamu tidak akan keberatan mengeluarkan uang dari dompet kalau yang didapat adalah rasa lezat.

Mirosso Indonesian Restaurant [image source]
Nama tempat Mirosso Indonesia Restaurant

Alamat : Josephine Samson Green St 104, Paramaribo, Suriname

Telepon : +597 455-362

3. Sarina Indonesia Restaurant

Sarina Suriname [image source]
Cukup takjub mengingat suku Jawa dari generasi sebelumnya hingga sekerang tetap bisa mempertahankan kuliner Nusantara di Suriname. Mungkin dulu dengan makananlah mereka mengobati rindu pada kampung halaman. Jika kamu sempat ke negara ini dan merasakan kangen juga, bisa datang ke restoran Sarinah. Memiliki suasana yang bagus, semenarik menu-menu yang ditawarkan. Bahkan ada dawet dan aneka nasi lho. Seperti rames kombinasi yang nagih.

Sarina Suriname [image source]
Nama tempat : Sarinah Indonesia restaurant

Alamat : Verlengde Gemenelandsweg, Paramaribo, Suriname

Telepon :  +597 430-661

4. Restaurant Jawa

Restaurant Jawa [image source]
Mengusung konsep  tentang Jawa, tentu Restoran Jawa ini  menghidangkan menu yang cocok untuk lidah orang Indonesia. Berada di pusat kota, jadi kamu akan mudah menemukannya. Tinggal pasang hidung dengan baik, siapa tahu sewaktu di jalan mencium aroma bumbu Indonesia yang harum dan menggiurkan. Mungkin sudah dekat dengan Restaurant Jawa. Harga sesuai dengan rasa dong dan porsinya juga besar.  Menu berbumbu gurih seperti nasi goreng dan sate adalah andalan yang disukai para pengunjung dari berbagai kalangan.

Ilustrasi menu Nasi Goreng di Restaurant Jawa [image source]
Nama tempat : Restaurant Jawa

Alamat : 7, Kasabaholoweg, Paramaribo, Suriname

Telepon : +597 492-691

5. Warung Renah

Warung renah [image source]
Namanya saja sudah menggunakan Bahasa Jawa yang kental sebagai identitas bahwa menu yang ditawarkan tidak jauh-jauh dari kuliner Pulau Jawa.  Menu andalan di sini adalah soto mie yang dimasak dengan bumbu-bumbu pilihan. Saat mampir di lidah, rasanya begitu segar dan menggiurkan. Isiannya juga mirip degan yang ada di Indonesia, lengkap dihidangkan bersama  telur dan suwiran daging ayam.

Menu Warung Renah [image source]
Nama tempat : Warung Renah

Alamat : Paramaribo, Suriname

Telepon :  +597 450-987

Suriname bisa banget jadi wisata luar negeri favorit orang Indonesia. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada banyak kuliner rasa Indonesia dan tentu saja suasana yang mirip negeri sendiri. Meski begitu, tetap ada ciri khas unik yang akan membuatmu selalu ingat dengan kelezatannya.

Advertisement
Tags
kuliner mancanegara
Share