Danau Sentani Resto, Papua Kecil di Paris van Java

Selain alamnya yang begitu kaya dan indah, Papua sebenarnya memiliki banyak ragam kuliner yang sangat menarik. Sayangnya, sulitnya akses menuju ke sana membuat kebanyakan orang Indonesia kurang familiar dengan masakan khas daerah timur tersebut. Tapi jangan khawatir, di Bandung ada sebuah tempat makan unik bernama Danau Sentani Resto.

Danau Sentani merupakan salah satu danau terbesar dan sekaligus paling ikonik di wilayah Papua. Di Danau Sentani Resto, pengunjung bisa mencicipi beragam menu masakan khas dari pulau asal Cendrawasih, mulai papeda hingga bakar batu. Tak hanya menyajikan makanan lezat, suasana yang ada di sekitar Danau Sentani Resto juga memberikan aura yang unik.

1. Konsep Rumah Adat

Dari kejauhan saja, sudah terlihat bahwa Danau Sentani Resto punya konsep bangunan yang unik. Sebagian atap dan pagar dilapisi dengan bahan yang mirip dengan jerami atau ilalang. Tak perlu heran, karena pemilik restoran ini memang meminjam konsep dari Rumah Honai.

Danau Sentani Resto usung konsep ala rumah adat Papua via Instagram danausentaniresto

Rumah Honai merupakan rumah adat tradisional Papua. Biasanya dirancang dengan ruangan yang tidak terlalu luas dan sengaja tidak diberi jendela guna menahan udara dingin. Berada di Danau Sentani Resto, kita serasa seperti sedang duduk di sebuah Rumah Honai yang ada di di pulau asal burung Cendrawasih.

2. Makanan Tradisional Papua

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Danau Sentai Resto menyediakan beragam menu khas Papua. Beberapa yang cukup direkomendasikan antara lain papeda, bakar batu, dan abon gulung. Papeda adalah bubur yang terbuat dari sagu dan biasanya disajikan dengan kuah kuning. Teksturnya lengket mirip lem dan harus digulung-gulung dulu dengan sumpit agar lebih mudah disantap.

Papeda, makanan berbahan sagu khas Papua via Instagram danausentaniresto

Selain papeda, pengunjung juga bisa merasakan sensasi nikmatnya bakar batu. Bakar Batu merupakan cara memasak ala Papua yang unik. Sejumlah batu dipanaskan di atas bara api sebelum dimasukkan ke dalam lubang yang sudah digali sebelumnya di tanah. Setelah itu bahan masakan yang sudah dibungkus daun dimasukkan ke dalam, dikubur kembali, dan ditunggu matang sebelum dikeluarkan. Bakar batu di Danau Sentani Resto disajikan dalam bentuk daging wagyu, kentang, talas, dan jagung.

Abon Gulung salah satu oleh-oleh khas Papua via Instagram danausentaniresto

Terakhir, ada juga menu abon gulung. Usut punya usut, hidangan ini ternyata merupakan salah satu oleh-oleh favorit dari daerah Papua. Pengunjung amat disarankan mencoba menu ini jika sedang berada di Danau Sentani Resto.

3. Menu Manado Juga Ada

Danau Sentani Resto juga tawarkan sop iga ala Manado via Instagram Danausentaniresto

Meski menonjolkan Papua sebagai konsep utama, Danau Sentani Resto juga menyediakan menu khas dari daerah lainnya. Salah satunya adalah masakan Manado. Beberapa sajian yang bisa didapatkan di sini antara lain ayam woku, nasi campur Manado, dan sop iga Manado.

Tak perlu khawatir soal kualitas bahan dan hidangan. Semua daging yang disajikan di Danau Sentani Resto sudah diolah dengan cermat demi memuaskan pelanggan. Dijamin tidak ada satu pun yang terasa alot, sangat bersahabat dengan gigi dan lidah, selain juga lezat.

4. Hidangan Bancakan? Mengapa Tidak

Danau Sentani Resto juga sediakan menu bancakan via Instagram danausentaniresto

Hidangan bancakan atau menu masakan yang bisa dimakan beramai-ramai, biasanya disajikan di atas daun pisang, belakangan menjadi trend di beberapa restoran. Seolah tak mau ketinggalan, Danau Sentai Resto belakangan juga ikut menyediakan menu khas Sunda tersebut. Dengan porsi cukup untuk empat orang, santapan ini terdiri dari nasi, ikan kembung, ikan peda, sambal dadak, lalapan, tempe tepung, dan perkedel kentang.

Danau Sentai Resto terletak di Jalan Dr. Setiabudi no.24A. Selain menu-menu di atas, mereka juga menyediakan kopi Papua yang nikmatnya luar biasa. Cocok sekali diminum sembari bersantai bersama kawan di sore hari.

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai beberapa menu lezat yang bisa dicoba di Danau Sentani Resto. Bagaimana, sudah siap untuk merasakan masuk ke ‘Papua Kecil’ di Paris van Java?

Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat kuliner Wisata Kuliner
Share