Rasakan Sensasi Bersantap Ala Sri Sultan di Resto Bale Raos Jogja

Kehidupan keraton memang seringkali membuat banyak penasaran orang. Tak dipungkiri, ada saja hal-hal unik yang patut diulik dari keraton, seperti halnya Keraton Kasunanan Jogja. Mulai dari tradisinya sampai dengan kulinernya. Nah, ngomongin kuliner ala keraton, di Jogja ada restoran bernama Bale Raos. Seperti apa ya?

Bale Raos ini berasal dari perpaduan kata Bale dan Raos. Bale adalah lokasi berkumpul, sementara Raos adalah rasa. Jadi secara sederhananya, Bale Raos ini bisa diartikan sebagai lokasi untuk menikmati rasa kuliner Jogja.

Bale Raos ini merupakan restoran yang berlokasi di Jogja, tepatnya berada di Jalan Magangan Kulon N. 1, Desa Panembahan, Keraton, Kota Jogja. Kamu bisa merasakan sensasi makan ala Sri Sultan Jogja dengan berbagai suguhan menu yang ditawarkan. Sangat khas dan tak akan sama dengan lokasi lainnya.

Diberi Mandat Resmi oleh Pihak Keraton Jogja

Bale Raos, Via Instagram arismariyanto

Restoran Bale Raos ini mulai beroperasi pukul 09:30 sampai 21:30 WIB, namun khusus untuk hari Senin, buka seperti biasanya sampai pukul 15:00 WIB. Ini merupakan sebuah resto yang diberi mandat resmi dari untuk menyuguhkan berbagai menu favorit dari para Sultan Keraton. Sudah mendapatkan mandat resmi, jadi resep dan atmosfer di dalamnya akan mirip-mirip dengan Keraton Jogja.

Menyajikan Hidangan Serba Favorit Sultan

Hidangan kesukaan Sri Sultan, Via Instagram foodandtravelhk

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lokasi ini memang menawarkan berbagai menu favorit dari Sultan Jogja. Menu yang ditawarkan cukup banyak, sekitar 70 jenis jumlahnya. Dan hampir semua menu yang ditawarkan di Bale Raos ini sesuai dengan resep keluarga Keraton Jogja yang diwariskan secara turun menurun.

Tawarkan musik keroncong, Via Instagram thesumarn

Contoh menunya adalah Semur Piyik, Bebek Suwir-suwir, Soup Timlo, Urip-urip Gulung, Gecok Ganem, dan lain-lain. Untuk minumannya juga tak kalah tradisional, contohnya saja ada es siwalan, beer pletok, manuk nom, arseng, dan lain sebagainya.

Tawarkan Atmosfer Jawa yang Kental

Tawarkan musik keroncong, Via Instagram thesumarn

Selain makanan favorit para Sultan Jogja, atmosfer Jawa di sini juga kuat. Saat masuk ke dalam restoran, kamu akan disambut oleh pramusaji yang mengenakan pakaian khas Jawa, wanita mengenakan kebaya sementara pria memakai pakaian lurik. Sementara itu, arsitektur Bale Raos ini elegan berbentuk Joglo.

Satu hal lagi yang perlu untuk kamu ketahui, saat makan kamu akan diiringi oleh alunan Gending Jawa. Suasana yang seakan-akan kamu dijamu oleh keluarga Keraton yang sebenarnya. Makanya, yuk coba icip-icip berbagai menu di Bale Raos. Selamat menikmati berbagai olahan nikmat ala Sri Sultan Jogja!

Tags
Bale Raos Bale Raos di Jogja Bale Raos Jogja kuliner Jogja Kuliner keraton Jogja
Share