Nggak Perlu Jauh-jauh ke China, Destinasi Wisata dengan replika Great Wall di Indonesia

Great Wall atau Tembok Besar China merupakan salah salah destinasi wisata yang selalu ramai pengunjung, hampir setiap waktunya. Tembok ini memiliki panjang berkilo-kilo meter dan dikenal sebagai peninggalan UNESCO. Tapi Teman Traveler, kamu tak perlu jauh-jauh ke China, karena di beberapa tempat Indonesia ada replika Great Wall dengan panorama yang tak kalah indah. Inilah 3 replika Great Wall dari Indonesia.

Janjang 1000 Koto Gadang, Bukittinggi

Janjang 1000, via Instagram/juliz_newbie
Janjang 1000, via Instagram/juliz_newbie

Namanya dalah The Great Wall of Koko Gadang atau Janjang Kota Gadang. Ini merupakan destinasi wisata yang sudah ada sejak tahun 1814, zaman Belanda. Destinasi wisata satu ini menghubungkan Kabupaten Agam dan Bukittinggi. Jalurnya juga cukup melelahkan untuk didaki, ada sekitaran 300-an anak tangga.

Tangga di Janjang 1000, via Instagram/rizky_mahmuja
Tangga di Janjang 1000, via Instagram/rizky_mahmuja

Dari atas, kamu akan melihat keindahan Ngarai Sianok dengan lebih jelas. Lekukan airnya, pepohonan di sekelilingnya, menjadi bonus tersendiri buat kamu yang jalan-jalan ke Janjang 1000 Kota Gadang ini. Maka dari itulah Teman Traveler, jika sedang traveling ke Bukittinggi, jangan lewatkan jelajah ke tempat ini.

‘The Great Wall’ Puncak Seruni Point Bromo

Jalur Seruni Point, via Instagram/baperman_
Jalur Seruni Point, via Instagram/baperman_

Lokasi selanjutnya replika Great Wall berada di Puncak Seruni Point. Lokasinya berada di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Jalur yang perlu kamu tempuh juga lumayan menguras tenaga, kamu perlu meniti kurang lebih 256 anak tangga. Saat menaikinya, kamu akan menikmati berbagai panorama yang disuguhkan, mulai dari hutan pinus sampai dengan gagahnya gunung.

Replika Great Wall di Bromo, via Instagram/vinfred
Replika Great Wall di Bromo, via Instagram/vinfred

Ternyata, pembangunan Great Wall ini menghabiskan uang tidak kurang dari Rp5 Miliar banyaknya. Ini merupakan proyek yang didanai oleh Pemerintah Pusat. Bonusnya lagi, kamu bisa menikmati udara yang cukup menyejukkan semari menikmati Bromo dari ketinggian. Aktivitas yang susah untuk ditolak, bukan?

Pantai Buyutan Pacitan

Pantai Buyutan, via Instagram/evvaant
Pantai Buyutan, via Instagram/evvaant

Paling baru berada di Pantai Buyutan, Pacitan. Ini merupakan pantai dengan panorama yang istimewa di Pacitan, tepatnya berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo. Jarak tempuhnya dari Kota Pacitan, kurang lebih 33 kilometer dengan waktu tempuh satu jam. Fasilitas di tempat ini sudah sangat memadai, ada kamar mandi, toilet, sampai dengan warung makan.

Pantai yang cantik, via Instagram/malas_hidup
Pantai yang cantik, via Instagram/malas_hidup

Ada yang paling baru dari Pantai Buyutan ini, yakni salah satu replika Great Wall di Indonesia. Yup, ini salah satu hal baru yang ditawarkan oleh Pantai Buyutan. Kamu bisa melihat pantai dengan warna biru yang jernih dari ketinggian. Menarik untuk dikunjungi ya.

Itulah tiga destinasi wisata dengan replika Great Wall di Indonesia. Yah setidaknya sebelum benar-benar traveling ke Negeri Tirai Bambu, kamu sudah ‘mencicipi’ replika Tembok Besarnya terlebih dahulu.

Tags
Indonesia replika Great Wall dari Indonesia Wisata Indonesia
Share