Rekomendasi Wisata Kintamani, Pesona Bali Selain Pantai

Pesona Bali memang tak ada habisnya. Namun perlu Teman Traveler ketahui, Pulau Dewata tak melulu soal pantai. The Island of Paradise juga miliki kawasan dataran tinggi yang sangat dilewatkan. Ada banyak wisata Kintamani indah untuk dikunjungi.

Kintamani sendiri merupakan kawasan yang terkenal dengan Kaldera Batur dan pemandian air panas alami. Namun masih banyak destinasi menarik lain di tempat ini. Apa saja? Yuk, simak rekomendasi saya berikut ini.

Trekking Gunung Batur

Puncak Gunung Batur tampak dari dekat (c) Rosita/Travelingyuk

Gunung Batur berdiri gagah di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Jaraknya dari Denpasar kurang lebih dua jam perjalanan. Batur sendiri merupakan gunung tertinggi kedua di Bali setelah Gunung Agung. Destinasi alam ini juga termasuk salah satu gunung api yang masih aktif. Kalderanya termasuk yang terbesar di dunia.

Bagi Teman Traveler yang menyukai trekking, datang ke Gunung Batur adalah pilihan tepat. Medannya cocok untuk pendaki pemula. Hanya butuh waktu sekitar antara dua sampai tiga jam sebelum sampai di puncaknya. Tak perlu takut tersesat, karena jalurnya nampak sangat  jelas. Bahkan beberapa bagian sudah diaspal halus.

Panelokan View Point

Panelokan View Point (c) Rosita/Travelingyuk

Destinasi lain yang pantang dilewatkan saat berlibur di Kintamani adalah
Panelokan View Point. Mengapa demikian? Di sini Teman Traveler akan disuguhi pemandangan indah gunung dan Danau Batur dari ketinggian. Kalian juga bisa melihat cantiknya Gunung Abang dan lingkungan sekitarnya.

View Point ini adalah titik terbaik untuk nikmati keindahan kawasan Kintamani secara keseluruhan. Sore hari adalah waktu paling tepat untuk mampir ke sini.

Panelokan View Point berjarak kurang lebih 54km dari Denpasar. Butuh waktu sekitar satu jam 40 menit untuk sampai sini. Tempatnya bisa kalian temui di sisi kanan jalan yang sedikit menikung. Kerap dipadati wisatawan, lantaran panorama yang disuguhkan benar-benar luar biasa.

Museum Geopark Batur

Miniatur Kaldera Batur (c) Rosita/Travelingyuk

Museum Geopark Batur juga wajib masuk list perjalanan liburan kalian di kawasan Kintamani. Lokasinya sangat dekat dengan Penelokan View Point. Museum ini beralamat di Jalan Raya Penelokan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.

Jarak museum dari Denpasar kira-kira 60 kilometer. Teman Traveler bakal butuh waktu kurang lebih satu setengah jam untuk sampai sini. Pastikan untuk memperhitungkan hal ini sebelum mampir.

Tiket masuknya lumayan terjangkau Teman Traveler, hanya Rp10.000 wisatawan lokal. Begitu masuk, kalian akan disambut dengan miniatur kawasan Kaldera Batur. Di sini pengunjung akan diajak belajar lebih banyak soal gunung api di Indonesia. Mulai dari pembentukan, material hasil letusan, tipe letusan, sebaran, sejarah, manfaatnya, dan informasi lainnya.

Pemandangan dari Panelokan View (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai rekomendasi wisata Kintamani. Pantang dilewatkan ketika Teman Traveler keliling wisata Bali. Yuk segera wujudkan rencana jalan-jalan ke Pulau Dewata.

Tags
Bali Kintamani kontributor Travelingyuk wisata bali
Share