Cocok untuk Pendaki Pemula, Inilah Pesona Menawan Gunung Batur yang Memesona

Rosita

Rosita

On Indonesia
Gunung Batur di Bali Gunung Batur di Bali

Teman Traveler suka bertualang ke gunung? Bali bisa jadi salah satu tempat yang wajib kalian singgahi. Kerap identik dengan pantai, Pulau Dewata ternyata juga memiliki beberapa destinasi menarik yang terletak di ketinggian. Gunung Batur salah satunya.

Puncak Batur nampak jelas dari kejauhan (c) Rosita/Travelingyuk

Gunung yang cocok didaki pemula ini sudah masuk dalam daftar Geopark UNESCO, sehingga keindahannya tak perlu diragukan lagi. Lantas seperti apa keseruan yang menanti di sana? Yuk, simak ulasan saya berikut ini.

Dua Jam dari Denpasar

Pos perizinan pendakian Batur (c) Rosita/Travelingyuk

Dari Denpasar, Gunung Batur bisa dicapai dengan perjalanan sekitar dua jam. Akses jalannya sudah sangat bagus, bisa dilalui sepeda motor atau bahkan bus sekalipun. Sepanjang perjalanan, Teman Traveler akan ditemani udara sejuk khas pegunungan.

Secara administratif, Batur masuk dalam wilayah Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Sangat mudah ditemukan, apalagi jika Teman Traveler menggunakan aplikasi Maps. Selain itu, papan petunjuk jalan juga sudah tersedia lengkap di sepanjang jalur menuju wisata Bali satu ini.

Ramah Pendaki Pemula

View Gunung Abang dari sekitar Batur (c) Rosita/Travelingyuk

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Gunung Batur amat cocok dijelajahi pendaki pemula. Hanya butuh waktu kurang lebih dua hingga tiga jam untuk mencapai puncaknya.

Jalur pendakian didominasi bebatuan dan permukaan tanah yang cukup curam. Namun Teman Traveler tak perlu takut karena jalan setapak di sini terlihat sangat jelas. Bahkan di beberapa kilometer awal kalian akan menyusuri jalan beraspal.

Batur sendiri termasuk salah satu gunung populer di kalangan pendaki dan wisatawan. Hampir tiap hari, destinasi ini kerap dipadati pengunjung. Mereka datang dari berbagai wilayah, baik domestik maupun mancanegara.

Masih Berstatus Aktif

Daya tarik Batur yang bisa ditemui di sepanjang pendakian (c) Rosita/Travelingyuk

Kaldera Gunung Batur merupakan salah satu terbesar di dunia. Hal ini jadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki. Tak heran jika destinasi satu ini jarang sepi kunjungan. Apalagi Batur merupakan gunung tertinggi kedua di Bali dan masih berstatus aktif hingga kini.

Berdasarkan data Museum Geopark Batur, letusan pertama terjadi pada 1804 dan baru terulang kembali 17 tahun berselang, tepatnya pada 1821, di kawah yang sama. Pada 1849, letusan terjadi di kawah utama dan menghasilkan lava yang mengalir hingga tepi danau. Antara 1994 hingga 2003, Batur tercatat sudah meletus sebanyak lima kali.

Puncak Batur dari kejauhan (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai Gunung Batur, destinasi yang cocok untuk dijelajahi pendaki pemula. Meski demikian, sebaiknya Teman Traveler tetap memperhatikan kondisi fisik, mental, serta kelengkapan, jika berencana menaklukkan gunung api satu ini. Selamat berlibur!