Rekomendasi Kuliner Kebumen, Punya Cita Rasa yang Ngangenin

Renada Vischa

Renada Vischa

On Indonesia
Kuliner Kebumen Kuliner Kebumen

Plesiran ke suatu daerah belum pas rasanya jika tak mencicipi penganan khasnya. Jika Kebumen termasuk salah satu tujuan destinasi Teman Traveler, maka jangan sampai melewatkan sejumlah daftar berikut. Bikin penasaran kan? Inilah list rekomendasi kuliner Kebumen yang patut dicoba. Siap serbu!

Jipang Kacang

Jipang Kacang
Jipang Kacang via Instagram/nish_vera

Saat ini jajanan tradisional cukup sulit dijumpai kecuali di pasar. Salah satu ciri khas panganan Kebumen yaitu Jipang Kacang. Makanan berbahan dasar gula jawa atau aren dan kacang tanah ini punya cita rasa yang manis sekaligus gurih.

Camilan ini diturunkan oleh nenek moyang dan mampu bertahan hingga sekarang. Rasanya pun tak jauh berbeda dengan jipang kacang zaman dulu, perbedaannya hanya terletak pada pembungkusnya. Dahulu, jipang dibungkus menggunakan daun pisang kering yang kini diganti dengan plastik.

Nasi Penggel

Rekomendasi Kuliner Kebumen
Satu porsi Nasi Penggel via Instagram/herusuper

Berikutnya ada Nasi Penggel. Kuliner tradisional khas Kebumen ini hanaya tersedia di pagi hari. Teman Traveler dapat menemukannya di pinggir Jalan Raya Sokka yang berjarak sekitar dua kilometer dari alun-alun kota Kebumen.

Nasi Penggel bermakna nasi yang dibulati dan diwadahi dengan daun pisang yang dibentuk pincuk serta biasa disajikan dengan sayur dan lauk. Harganya pun terjangkau, untuk mendapatkan satu porsi kalian hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp15 ribuan.

Sate Ambal

Sate Ambal
Sate Ambal via Instagram/dhaneeeeee

Tak ingin mencicipi nasi? Sate Ambal jadi salah satu opsi tepat. Kuliner satu ini berasal dari daerah Ambal yang merupakan sebuah kecamatan di pesisir selatan Kebumen. Perbedaan dari sate lainnya yakni bumbunya memiliki tekstur sedikit lebih encer serta berwarna kuning tua kecoklatan dan sekilas terlihat seperti kuah masakan Padang.

Salah satu tempat yang menyajikan kuliner ini yakni warung legendaris Sate Ambal Pak Kasman yang letaknya berada di Jl. Daendels. Satu porsinya dibanderol mulai dari Rp20 ribuan.

Rempeyek Yutuk

Rempeyek Yutuk
Rempeyek Yutuk via Instagram/anggita__dwias

Makanan khas Cilacap ini juga bisa Teman Traveler jumpai di Kebumen. Yutuk merupakan undur-undur laut. Selain dapat disantap sebagai lauk, kuliner ini juga cocok dijadikan sebagai camilan. Biasanya rempeyek disantap bersama dengan sayur pecel. Kalian dapat sangat mudah menemukannya di sekitar pesisir Pantai Cilacap karena banyak warung yang menyajikannya. Bahkan bisa juga dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Soto Kored Petanahan

Soto Kored Petanahan
Soto Kored Petanahan via Instagram/andriisnaeni

Tempat terakhir yang nggak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Kebumen yaitu Soto Kored. Rumah makan yang ada di Jl. Raya Petanahan No.27 menawarkan soto yang kaya akan rempah-rempah.

Warung legendaris ini sudah tersohor dan telah dikunjungi oleh artis papan atas. Selain punya rasa yang bikin nagih, cara masak yang masih tradisional menjadi daya tarik tersendiri. Tertarik untuk mencicipinya? Silahkan keluarkan budget mulai dari Rp10 ribuan per porsi.

Bagaimana? Itulah sejumlah rekomendasi kuliner Kebumen dengan rasa yang lezat sekaligus unik. Kapan mau jalan-jalan ke sini? Agendakan segera ya!