Rawon Legendaris di Surabaya, Kuah-kuah Pelepas Dahaga saat Berbuka

Bebicara masalah kuliner di Surabaya, tidak berhenti pada rujak cingur ataupun semanggi saja. Ada kuliner lainnya yang tak kalah populer dan memiliki banyak sekali penikmat, yakni rawon. Kuliner kuah ini sangat cocok dinikmati dengan cuaca Surabaya yang seringkali panas dan bikin gerah. Terlebih lagi jadi menu saat buka puasa, kuah-kuah pelepas dahaga. Dan rawon legendaris di Surabaya masuk dalam salah satu list utama, inilah daftarnya.

Rawon Ibu Soepinah, 1966

Ilustrasi Rawon Ibu Soepinah, Via Instagram devinovelia11
Ilustrasi Rawon Ibu Soepinah, Via Instagram devinovelia11

Salah satu rawon yang sudah malang melintang dengan resep yang terjaga adalah Rawon Ibu Seopinah. Sudah ada sejak tahun 1966, lokasinya berada di Jl. Pasar Kembang atau sebelah timur depannya Hotel LA. Salah satu yang begitu khas di sini adalah empal srundeng yang membuatmu ketagihan dan pengen balik lagi saat jelajah Surabaya.

Rawon Kalkulator, 1975

Rawon Kalkulator, Via Instagram dad_dish
Rawon Kalkulator, Via Instagram dad_dish

Rawon lain yang tersohor di Surabaya adalah Rawon Kalkulator. Penamaan dari tempat ini lantaran penjualnya yang gesit menghitung pesanan para pelanggan. Cara penyajian rawon di sini juga cukup berbeda, nasi langsung disiram kuah rawon. Untuk lauknya banyak sekali pilihannya, mulai dari paru goreng, tempe goreng, telur asin dan lain-lain. Rasanya tetap istimewa sejak tahun 1975 yang lalu. Lokasinya sendiri berada di wilayah Taman Bungkul, Surabaya.

Rawon Pak Pangat, 1969

Rawon Pak Pangat, Via Instagram sam_kuliner
Rawon Pak Pangat, Via Instagram sam_kuliner

Ada tiga menu utama yang disuguhkan di Rawon Pak Pangat. Yakni, ada rawon suwir, rawon campur dan juga rawon krengsengan. Salah satu yang cukup banyak dipesan adalah rawon krengsengan yang bisa dibilang berbeda, padukan krengsengan yang juga rawon. Rawon Pak Pangat sudah berjualan sejak tahun 1969 yang lalu. Lokasinya berada di Jl. Ketintang Baru Sel. I No.15, Ketintang, Gayungan, Surabaya.

Rawon Setan, 1990

Rawon Setan, Via Instagram surabayafoodies
Rawon Setan, Via Instagram surabayafoodies

Pilihan rawon legendaris lain yang bisa kamu cicipi kenikmatannya adalah Rawon Setan. Lokasinya berada di Jl. Embong Malang No. 78, Surabaya. Berdekatan dengan Hotel JW Marriot. Ini merupakan rawon yang sudah cukup lama ada dan tidak membuka cabang. Sudah berjualan sejak tahun 1990 yang lalu. Menunya ada rawon buntut, rawon pisah dan juga rawon campur.

Warung Pojok Moro Seneng

Rawon Moro Seneng, Via Instagram amazingindonesiafood
Rawon Moro Seneng, Via Instagram amazingindonesiafood

Lokasi rawon enak selanjutnya adalah Warung Pojok Moro Seneng. Lokasinya berada di Jl. Pucang Anom maka dari itulah tidak sedikit orang yang menyebutkan sebagai Rawon Pucang. Menunya adalah rawon yang dipadukan dengan pecel. Kemudian ada lauk tambahan yang biasa diberikan di atasnya yakni empal daging. Bagaimana rasanya? Kamu bisa mencobanya jika sedang jalan-jalan ke Surabaya. Untuk tahun berdirinya kurang jelas, namun yang pasti Warung Pojok Moro Seneng sudah lama ada.

Jajaran rawon legendaris di Surabaya yang sangat perlu untuk dicoba saat berjelajah ya. Yuk, masukkan daftar rawon di atas menjadi list kuliner khas Surabaya yang perlu dicicipi kelezatannya.

Tags
Indonesia Jawa Timur rawon legendaris di Surabaya Surabaya
Share