Unik, Kuliner di Surabaya ini Padukan Roti Maryam dengan Kuah Gulai

Sudah biasa makan gulai kambing dengan lontong atau nasi? Kamu bisa mencoba hidangan berbumbu rempah ini dengan campuran roti maryam di Surabaya. Tampilannya memang unik karena sepotong roti khas Timur Tengah tersebut dicampur dengan gulai kacang hijau. Namun, rasanya tak mengecewakan. Apalagi jika mencoba gulai roti maryam di beberapa tempat berikut ini.

1. Warung Bu Nur Azizah

Bukan gulai biasa, kuah hangat yang disajikan dengan roti maryam ini menggunakan campuran kacang hijau yang dihancurkan. Aroma dari kacang tersebut gurih dan pas ketika dicampur dengan roti hangat. Sajian ini bisa kamu Jalan K.H. Mas Mansyur 102, tepatnya di Warung Bu Nur Azizah yang tak jauh dari Hotel Kemajuan. Hingga artikel ini ditulis, harga gulai di sini hanya Rp7.000, sedangkan roti maryamnya Rp3.500.  Nah, kamu yang ingin pesan dalam jumlah banyak, tempat di  ini siap menerima, asal tak membuat pesanan mendadak.

Warung Bu Nur Azizah, Surabaya
Warung Bu Nur Azizah, Surabaya via instagram/@cecekuliner

2. Maryam Lontong Cak Sunar

Tak jauh dari warung Bu Nur Azizah, ada satu lagi warung gulai roti maryam. Namanya Mariyam Lontong Cak Sunar yang berlokasi di Jalan KH Mansyur Surabaya yang berseberangan dengan Kaha Tour & Travel. Gulai maryam di sini dilengkapi dengan banyak lontong. Hingga artikel ini ditulis, harga seporsinya sekitar Rp10.000. Sedangkan roti maryamnya hanya Rp1.000. Nah, warung ini baru buka jam 5 sore dan biasa tutup tengah malam.

Mariyam Lontong Cak Sunar
Maryam Lontong Cak Sunar via instagram/@sinyokuliner

3. Gule Maryam Al-Irsyat

Selain di Jalan KH. Mas Mansyur, gulai maryam juga bisa kamu temukan di Jalan Iskandar Muda. Tepatnya di sekitar Masjid Al-Irsyat Surabaya. Tak jauh beda dengan lainnya, seporsi hidangan ini memiliki kuah dengan warna cokelat. Di dalamnya terdapat roti yang bercampur dengan ulekan kacang hijau. Sementara itu, roti maryam disajikan di piring terpisah. Tempat makan yang buka dari jam 4 hingga 8 malam ini juga menyediakan sate kambing dengan rasa juara. Nah, untuk harganya berkisar antara Rp4.000 sampai Rp20.000.

Roti Maryam Ar Irsyad
Roti Maryam Ar Irsyad via instagram/travelaper

4. Waroeng Cak Pan

Tempat berikutnya yang menawarkan gulai kacang ijo dengan roti maryam adalah Waroeng Cak Pan. Letaknya juga masih berada di Jalan KH. Mas Mansyur 72. Letaknya berada di ruko kecil dengan spanduk nama di depannya. Selain menyediakan gulai maryam, warung ini juga menawarkan kuliner Surabaya enak lain seperti sate kambing, gulai kambing, serta krengsengan. Sementara harganya sekitar Rp35.000 dengan porsi melimpah.

Warung Cak Pan
Warung Cak Pan via instagram/@cureniawan

Makin penasaran dengan jajanan unik ini kan? Yuk liburan ke Surabaya sekaligus jelajah wisata malam di sini. Belum lagi dengan kafe-kafenya yang kekinian abis.

Tags
Indonesia Jawa Timur Kuliner Kaki Lima Surabaya
Share