Rawon Kalkulator Surabaya, Kuliner Legenda Berbalut Aksi Matematika

Rawon, siapa sih yang tak kenal dengan kuliner khas Jawa Timur ini? Paduan daging sapi dan kuah rempah hitam ini kerap jadi favorit banyak orang. Jika sedang berada di Surabaya, ada banyak warung rawon unik dan terkenal yang bisa disambangi. Salah satunya adalah Rawon Kalkulator.

Tak sekadar sajikan rawon enak, tempat legendaris ini juga hadirkan pertunjukan matematika memukau untuk pelanggannya. Lha kok bisa? Daripada penasaran, yuk simak ulasan berikut Teman Traveler.

Sajian Legendaris

Warung Sedap Malam alias Rawon Kalkulator (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Rawon Kalkulator sejatinya merupakan sebutan populer untuk Warung Sedap Malam. Tempat kuliner legendaris di Surabaya ini sudah eksis sejak tahun 1975. Lokasinya berada di Sentra PKL Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo. Mereka buka tiap hari, mulai pukul 11.00 hingga 03.00.

Berusia hampir setengah abad, kelezatan rawon di Warung Sedap Malam tetap konsisten hingga kini. Padahal pengelolanya sudah memasuki generasi keempat lho.

Sajian soto juga ada di sini (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Teman Traveler takkan kesulitan menemukan lokasi warung populer ini karena letaknya berada di pinggir trotoar dan terlihat mencolok dengan dominasi warna merah. Para pegawainya sangat tanggap dan sanggup melayani pembeli dengan sangat cepat. Kalian tak perlu khawatir harus menunggu lama dalam keadaan lapar. 

Potongan Daging Besar

Penjual sedang menyiapkan seporsi rawon (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Ada dua menu utama yang disajikan di warung ini, yakni rawon dan soto daging. Saya sendiri memilih rawon, yang merupakan sajian ikonik Warung Sedap Malam. Begitu piringnya tersaji di depan mata, langsung tercium aroma kuah rempah nikmat. Saya pun langsung tak sabar menyantapnya. 

Potongan dagingnya besar-besar (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Saya sendiri lumayan kaget karena potongan dagingnya banyak dan besar-besar. Persentasenya pun lebih banyak daging ketimbang lemaknya. Soal rasa? Wah, jangan diragukan lagi. Seporsi rawon di sini bisa Teman Traveler tebus dengan bermodal Rp24.000 saja.

Aneka Lauk Pendamping

Perkedel sebagai lauk pedamping (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Bila Teman Traveler belum puas hanya menyantap daging rawon, tidak perlu khawatir. Di sini juga tersedia aneka lauk pelengkap seperti perkedel, telur asin, iso goreng, paru goreng, dan lainnya. Semuanya tersaji atas meja, jadi kalian bisa langsung mengambil saja. Saya pribadi selalu memilih telur asin sebagai pelengkap saat menikmati rawon. 

Iso dan paru goreng (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Oh ya, melihat deretan jeroan di sini jangan lantas kalap ya Teman Traveler. Ingat kolesterol. Boleh lah sesekali asalkan tidak terlalu banyak. Saya sendiri tidak ingat persis berapa harga masing-masing lauk pendamping di sini, lantaran di warung tidak tersedia daftar menu atau harga. 

Pertunjukan Matematika Kilat

Proses pembayaran dengan hitung cepat (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Julukan Rawon Kalkulator diberikan bukan tanpa alasan. Kasir di sini sanggup menghitung total pesanan Teman Traveler secara kilat, tanpa bantuan kalkulator atau alat hitung apapun. Saya sendiri lumayan tercengang usai mendengar kasir langsung mengucapkan berapa total harga yang harus dibayar. 

Pengunjung Rawon Kalkulator (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Selain karena rawonnya yang enak, daya tarik kasir kalkulator ini juga ikut membuat Warung Sedap Malam jarang sepi pengunjung. Apalagi saat malam minggu, lantaran pengunjung Taman Bungkul bakal sangat ramai. Begitu pula dengan Minggu pagi, karena bertepatan dengan Car Free Day (CFD) Surabaya. 

Buat Teman Traveler yang penasaran dengan rasa dan keunikan hitung cepat ala Rawon Kalkulator, langsung saja mampir saat keliling wisata Surabaya. Rasanya dijamin bikin ketagihan. Ada yang sudah pernah coba juga?

Tags
kontributor kuliner surabaya rawon kalkulator Surabaya Travelingyuk
Share