Rawon dengan Nama Unik di Surabaya, Anti Mainstream Namun Rasanya Juara

Rawon merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang banyak diburu. Meskipun warnanya hitam pekat, rasanya yang memikat membuat banyak orang memburunya. Di Surabaya, banyak sekali tempat makan rawon yang bisa kamu kunjungi. Namun hanya ada beberapa tempat yang memiliki nama unik dengan rasa yang tak perlu ditanya enaknya. Di mana saja lokasi rawon dengan nama unik di Surabaya?

Rawon Setan

Rawon Setan, via Instagram/joyfultummy.id
Rawon Setan, via Instagram/joyfultummy.id

Namanya memang Rawon Setan yang kondang menyuguhkan kuliner yang begitu nikmat. Dinamakan demikian, lantaran awalnya tempat ini buka mulai pukul 22:00 WIB sampai pagi, dan diidentikkan sebagai waktu keluarnya setan. Sekarang ini Rawon Setan sudah buka selama 24 jam lamanya. Tidak hanya itu saja, ternyata nama setan ini juga dijuluki oleh masyarakat yang merasa kepedasan setelah menyantapnya.

Rawon Setan yang enak, via Instagram/rawonsetan.id
Rawon Setan yang enak, via Instagram/rawonsetan.id

Alamat Rawon Setan ini beraada di Jl. Embong Malang No. 78, Genteng, Surabaya, Jawa Timur. Untuk pilihan menunya beragam, ada rawon daging, rawon buntut, telur asin, paru, dan lain-lain. Untuk harga satu porsi rawon di tempat dipatok mulai dari dari Rp20.000 sampai dengan Rp34.000.

Rawon Kalkulator

Rawon Kalkulator, via Instagram/surabayafoodies
Rawon Kalkulator, via Instagram/surabayafoodies

Lokasi selanjutnya yang juga kondang dan memiliki nama anti mainstream adalah Rawon Kalkulator. Disebut demikian lantaran pelayan warung di tempat ini begitu gesit dan cekatan menghitung berapa total biaya yang perlu untuk dibayarkan oleh para pengunjung berdasarkan menu-menu yang dipesannya. Dan banyak sekali lauk yang bisa diambil. Mulai dari udang, perkedel, gorengan, paru, dan lain-lain.

Rawon Kalkulator yang unik, via Instagram/hendrikpyong
Rawon Kalkulator yang unik, via Instagram/hendrikpyong

Alamat Rawon Kalkulator berada di Sentra PKL Taman Bungkul, Jl. Raya Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya. Jam bukanya mulai pukul 11:00 hingga 03:00 WIB. Sementara itu untuk harga satu porsinya, dipatok mulai dari Rp20.000-an. Mampir jika jalan-jalan ke Surabaya ya.

Rawon Mayit

Ilustrasi Rawon Mayit, via Instagram/jrfoodbuster
Ilustrasi Rawon Mayit, via Instagram/jrfoodbuster

Satu lagi yang bisa kamu kunjungi saat jelajah Surabaya, yakni Rawon Mayit. Dalam bahasa Jawa, mayit memiliki arti mayat atau jenazah. Namun Teman Traveler tidak perlu risau ya. Rawon ini tak terbuat dari daging mayat atau apapun. Dinamakan demikian lantaran lokasinya yang berdekatan dengan kamar mayat RSU dr. Soetomo Surabaya. Alamat lengkapnya berada di Jl. Mayjend Prof. Dr. Moestopo, No. 6-8, Gubeng, Surabaya.

Apakah kamu sudah pernah mencoba salah satunya? Yuk bagikan pengalamanmu makan di rawon-rawon dengan nama unik yang sudah disebutkan di atas.

Tags
Indonesia Jawa Timur rawon dengan nama unik rawon nama unik Surabaya Surabaya
Share