Pilihan Rawon di Madiun, Menyantap Si Kuah Hitam Enak di Kota Gadis

Advertisement

Rawon merupakan kuliner khas Indonesia yang berupa sup daging dengan kuah hitam dari kluwek. Rawon dikenal sebagai masakan asli Jawa Timur. Selain Surabaya, masakan satu ini juga banyak ditemukan di kota lainnya di Indonesia, termasuk kuliner di Madiun Jawa Timur. Mana saja lokasi yang bisa Teman Traveler kunjungi jika ingin menyantap rawon di Madiun? Yuk ikuti ulasan menarik seperti berikut ini. Catat, ya.

1. Depot Rawon Spesial

Depot Rawon Spesial, Via Instagram/sam_kuliner
Depot Rawon Spesial, Via Instagram/sam_kuliner

Lokasi pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Depot Rawon Spesial yang berada di Jl. Wuni No. 37, Madiun. Porsi rawon di sini sangat banyak, irisan dagingnya juga besar. Dalam seporsi rawon akan ada nasi yang dipadu dengan irisan daging, taoge lalu disiram dengan kuah. Ditambah bawang goreng, sambal dan telur asin makin menggiurkan. Selain rawon, ada menu lainnya yang bisa dipesan antara lain nasi pecel, nasi campur, ayam goreng, aneka sayur dan lain-lain.

2. Warung Bu Sut

Warung Bu Sut, Via Instagram/sam_kuliner
Warung Bu Sut, Via Instagram/sam_kuliner

Lokasi lainnya untuk mencicipi rawon enak adalah Warung Bu Sut. Saat pagi hari, lokasinya sudah ramai dengan orang-orang yang sarapan. Menu andalannya adalah rawon dan juga soto. Untuk rawonnya, memiliki daging yang empuk hampir tanpa lemak sama sekali. Keunggulan lainnya, pilihan lauk di tempat ini memiliki ukuran yang besar dan empuk. Lokasi Warung Bu Sut ini berada di Jl. Semangka, depan Kantor Kelurahan Kejuron, Madiun.

3. Rawon Mbah Saiman

Rawon Mbah Saiman, Via Instagram/sam_kuliner
Rawon Mbah Saiman, Via Instagram/sam_kuliner

Rawon di Madiun lainnya yang rekomended adalah Rawon Mbah Saiman. Ini merupakan rawon kaki lima yang sudah berjualan bepuluh-puluh tahun lamanya. Lokasi rawon ini berada di Parkiran Pasar Burung Joyo Madiun. Rawon di sini memiliki rasa yang sangat pas, kuahnya sedap namun ringan, dagingnya juga banyak plus memiliki tekstur yang empuk. Selain rawon, jangan lupa juga mencicipi cemoe. Bikin makan makin berselera.

4. Warung Sedep Ma’e

Warung Sedep Ma'e, Via Instagram/sam_kuliner
Warung Sedep Ma’e, Via Instagram/sam_kuliner

Tidak kalah enak dari yang sebelum-sebelumnya adalah Warung Sedep Ma’e. Lokasinya berada di Jl. Merbabu No. 22, Madiun. Rawonnya memiliki kuah yang kental dan hitam, dagingnya cukup banyak, hampir tanpa gajih sama sekali. Untuk membuat seporsi rawon jadi memiliki rasa yang nendang, Teman Traveler bisa menambahan lauk paru atau yang lainnya. Meskipun bukan di Surabaya, rasa rawon di Madiun tidak akan kalah.

Sejarah rawon belum jelas asal usulnya, namun banyak yang berspekulasi jika ini merupakan makanan para raja zaman dulu yang bermula dari rakyat jelata. Di luar negeri, rawon ini disebut sebagai black soup yang juga memiliki banyak penggemar.

Apakah Teman Traveler termasuk salah satu penggemar kuliner ini? Boleh dong bagi ceritanya di kolom komentar. Ada hadiah pulsa 100K menanti untuk cerita paling menarik. Kami tunggu hingga tanggal 10 November 2018 ya, nama pemenang akan diupdate di artikel ini.
Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur Madiun rawon di madiun
Share