Rawon Setan Bu Sup, Kuliner Istimewa di Surabaya yang Bikin Nagih

Pecinta kuliner pasti tak asing lagi dengan rawon. Kuliner berkuah hitam ini tidak hanya gurih sedap tapi juga menyegarkan. Di Surabaya, tak susah menemukan warung dengan menu tersebut. Mau yang terkenal atau legendaris tinggal pilih. Salah satunya Rawon Setan Bu Sup yang rasanya bikin ketagihan. Apa keunikan dari kuliner Surabaya satu ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Sejarah Rawon Setan Jadi Tersohor

Rawon Setan Embong Malang
Rawon Setan Embong Malang via instagram/@filipusverdi

Nama warung dengan embel-embel rawon setan di Surabaya, sangatlah banyak. Karena itu pula, banyak yang mengaku sebagai pencetus rawon setan yang asli. Ternyata, sejarah munculnya menu ini diawali pada tahun 1953. Penjualnya bernama Musiati yang buka dari jam 2 malam hingga pagi hari. Setelah Musiati berhenti, warungnya yang berada di Jalan Embong Malang diteruskan oleh Endang dan Bu Sup (Supiah). Sayangnya, mereka memutuskan jualan terpisah beberapa tahun lalu.

Rawon Setan yangTersohor
Rawon Setan yangTersohor via instagram/@ncy_taufiq

Pilihan Rawon di Warung Bu Sup

Menu Rawon di Warung Bu Sup
Menu Rawon di Warung Bu Sup via instagram/@sbykulinerinfo

Kendati telah berpisah, cita rasa dari rawon setan di Surabaya ini tidak jauh beda. Di warung Bu Sup yang berada di Jalan Embong Malang No. 42A, Genteng ini, kamu akan disajikan kuah hitam pekat dengan potongan daging yang besar. Tak lupa taburan bawang goreng. Lengkap juga dengan taoge serta sambal. Nah, pilihannya di sini ada dua yaitu rawon biasa serta buntut. Kamu bisa memesan dipisah atau dicampur dengan nasi.

Seporsi rawon di warung Bu Sup
Seporsi rawon di warung Bu Sup via instagram/@amazingindonesiafood

Cita Rasa yang Berbeda dari Namanya

Isian daging rawon setan yang menggugah selera
Isian daging rawon setan yang menggugah selera via instagram/@surabayafoodies

Nama warung makan dengan imbuhan setan identik dengan cita rasa yang pedas luar biasa. Namun berbeda dengan rawon setan Surabaya. Kuliner berkuah hitam ini tidak berasa pedas jika belum ditambah sambal. Rasanya lebih gurih sedap yang bikin nagih. Sementara potongan dagingnya juga empuk yang bikin lidah tak berhenti bergoyang.

Potongan daging rawon setan
Potongan daging rawon setan via instagram/@hhengkii

Menu Nasi Osek yang Tak Kalah Menggoda

Nasi Osik
Nasi Osik via instagram/@horizonhoman

Selain menyediakan rawon, Bu Sup juga menyediakan nasi osek. Menu ini berupa potongan daging sapi berbumbu rendang. Rasanya gurih, yang pas banget disantap dengan seporsi nasi putih. Jangan lupa untuk menambah telur asin, tempe, perkedel, hingga gorengan jeroan jika mau. Soal harganya, lumayan terjangkau. Pastinya tak bikin kantong jebol.

Nasi Osik Warung Bu Sup
Nasi Osik Warung Bu Sup via instagram/@joshie2803

Nah, sudah tahukan apa keunikan dari Rawon Setan Bu Sup. Jadi, kapan nih coba kuliner istimewa dari Kota Pahlawan Surabaya?

Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner surabaya Surabaya
Share