Birunya Ranu Segaran, Serasa di Surga Tersembunyi

Probolinggo merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Selain terdapar Gunung Bromo, siapa sangka kalau Probolinggo juga memiliki surga tersembunyi bernama Danau Ranu Segaran. Letak Danau Ranu Segaran ini berada di lereng Gunung Argopuro. Jika ke Probolinggo, sempatkan untuk menikmati birunya Ranu Segaran.

Samar-Samar Keindahan Danau

lrm_export_20190901_162315_VR0.jpg
Samar-samar keindahan Ranu Segaran (c) Travelingyuk/Welly Handoko

Meskipun akses jalan menuju lokasi Danau Ranu Segaran terbilang mudah, namun bukan berarti tak ada tantangan. Jalanan yang berliku dan menanjak akan ditemui di sepanjang jalan. Namun semua itu bisa dinikmati karena setiap perjalanan akan ditemani dengan birunya pemandangan danau yang samar-samar tertutupi pepohonan.

Untuk mencapai lokasi destinasi wisata ini menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam 15 menit dari Kota Probolinggo. Perjalanan bisa menggunanan motor ataupun mobil, karena akses jalannya yang mulus. Harga tiket masuknya pun hanya 5.000 rupiah per orang.

Sejarah Terbentuknya Danau Ranu Segaran

birunya ranu segaran
Sejarah Danau Ranu Segaran (c) Travelingyuk/Welly Handoko

Danau Ranu Segaran merupakan sebuah danau yang terbentuk dari aktivitas vulkanis. Sebelum menjadi danau, menurut warga sekitar dahulu danau ini adalah bekas sebuah kawah gunung nonaktif sampai akhirnya membentuk genangan air. Genangan air itulah yang sekarang menjadi Danau Ranu Segaran.

Saat ini Danau Ranu Segaran merupakan tempat wisata yang tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan pada hari biasa pun banyak pengunjung yang datang ke sini walaupun kebanyakan adalah warga Probolinggo.

Memandang Aktivitas Nelayan

birunya ranu segaran
Aktivitas Nelayan (c) Travelingyuk/Welly Handoko

Danau Ranu Segaran tidak hanya menyajikan panorama laut, namun juga aktivitas para nelayan. Para nelayan akan menggunakan “getek” atau sampan yang terbuat dari bambu untuk menangkap ikan. Selain itu ada juga warga sekitar yang mandi di tepian danau dan membawa beberapa jerigen untuk tandon air di rumah.

Sebenarnya ada larangan bagi wisatawan untuk mandi di danau ini, maka dari itu sebaiknya jangan tergoda untuk melakukannya. Selain mengganggu banyak orang, air danau nantinya juga akan tercemar.

Bisa Berkeliling Pakai Boat & Sepeda Air

lrm_export_20190901_161305_bE7.jpg
Berkeliling pakai sepeda air (c) Travelingyuk/Welly Handoko

Pemerintah Probolinggo juga turun tangan dalam merawat Danau Ranu Segaran. Salah satu cara mereka untuk menarik perhatian wisatawan adalah dengan menyediakan boat. Hanya dengan 10.000 rupiah mata akan terpuaskan dengan pemandangan surya tersembunyi ini.

Selain perahu boat yang bisa dinaiki ramai-ramai, ada juga beberapa sepeda air yang disewakan. Bentuk dan warna-warnanya pun lucu dengan kepala bebek di ujungnya. Untuk menyewa sepeda air, cukup mengeluarkan uang 5.000 rupiah per orang.

Bersantai di Pondokan Tepi Danau

lrm_export_20190901_162129_0Cr.jpg

Terakhir, hal yang tak bisa tolak jika datang ke Danau Ragu Segaran adalah bersantai menikmati suasana. Wisatawan bisa mencoba untuk duduk di gazebo tepi danau sambil bercengkrama. Airnya yang jernih, suasana yang tenang, serta pepohonan rindang akan membuat pikiran menjadi segar kembali.

Nah buat Teman Traveler yang sedang mencari wisata alam di Probolinggo. Birunya Ranu Segaran ini adalah pilihan yang tepat. Keindahannya benar-benar membius mata para wisatawan. Selamat berlibur!

Tags
Indonesia Probolinggo ranu segaran Travelingyuk Wisata wisata probolinggo
Share