Rangin Cak Bud, Kuliner Tradisional dengan Kemasan yang Kekinian

Pernah dengar nama gandos? Jajanan ini juga dikenal dengan nama rangin, kuliner tradisional yang hingga saat ini masih difavoritkan. Makanan ini terbuat dari campuran kelapa muda parut, tepung beras, sagu, dan air yang dipanggang di atas loyang cetakan. Menariknya, kini ada banyak varian unik yang dikemas berbeda dari biasanya. Seperti di rangin Cak Bud di Surabaya berikut ini.

Gerai Jajanan Unik di Surabaya

Kue Rangin di Surabaya
Kue Rangin di Surabaya via instagram/@kokobuncit

Rangin Cak Bud, begitulah banyak orang menyebutnya. Gerai jajanan tradisional ini berada di Jalan Villa Kalijudan Blok G-2, Surabaya. Letaknya sedikit masuk dalam perumahan, tapi cukup mudah ditemukan. Kamu pun bisa memesan menu yang ditawarkan lewat online. Sayangnya, gerai ini hanya buka dari hari Minggu sampai Jumat, jam 4 sore hingga 10 malam.

Rangin Enak di Surabaya
Rangin Surabaya yang enak via instagram/@kokobuncit

Istimewa dengan Rasa Parutan Kelapa

Kue Rangin Cak Bud
Kue Rangin Cak Bud via instagram/@rangincakbud

Rangin Cak Bud sebenarnya tidak jauh beda dengan rangin lainnya. Makanan ini memiliki bentuk melengkung dengan ketebalan sekitar 2 cm. Di bagian luarnya berwarna cokelat keemasan tanda rangin matang dengan sempurna. Bagian dalam rangin ini berwarna putih dengan dominasi parutan kelapa. Banyak yang menyebutnya kriuk di luar, gurih di dalam. Cita rasa tersebut masih original, belum yang diberi topping kekinian.

Kue Rangin Cak Bud dengan gula pasir
Kue Rangin Cak Bud dengan gula pasir via instagram/@christianutamaa

Topping Unik yang Menggoda Selera

Topping gula jawa Rangin Cak Bud
Topping gula jawa Rangin Cak Bud via instagram/@kokobuncit

Keunikan dari Rangin Cak Bud yang membuatnya banyak dicari adalah toppingnya. Tak menghilangkan rasa aslinya, ada banyak topping yang disediakan. Ada gula pasir, gula jawa, keju mozarella, hingga meses keju. Seporsinya, kamu bisa meminta topping melimpah yang bikin ngiler sebelum melahapnya. Nah, untuk harganya beragam mulai dari Rp12.000 hingga Rp18.000 sesuai dengan rasa yang dipilih.

Topping keju dan meses Rangin Cak Bud
Topping keju dan meses Rangin Cak Bud via instagram/@kokobuncit

Porsi Sempurna untuk Camilan Sore

Rangin Cak Bud dengan topping keju
Rangin Cak Bud dengan topping keju via instagram/@__lifei__

Seporsinya cukup pas untuk menjadi teman di sore hari. Apalagi jika ditemani secangkir kopi atau teh hangat. Jika tak ingin antre, kamu pun bisa memesan lewat online makanan tradisional ini. Pun praktis, tapi paling enak menyantap rangin kekinian ini langsung di tempat. Apalagi masih hangat dari cetakan.

Rangin Cak Bud istimewa dengan parutan keju
Rangin Cak Bud istimewa dengan parutan keju via instagram/@kokobuncit

Pecinta kuliner tradisional pasti makin penasaran dengan jajanan enak di Surabaya ini kan? Selain di Kota Pahlawan, kamu masih bisa menemukan rangin di beberapa kota, seperti Solo. Tentu saja dimasak sederhana di atas cetakan. Bagaimana, siapa nih yang penasaran dengan Rangin Cak Bud? Atau sudah rindu panganan enak dan favorit di pinggir jalan?

Tags
Indonesia Jawa Timur Kuliner Kekinian Surabaya
Share