Setelah Ais Kepal Milo, Ada Rambutan Goreng yang Viral di Malaysia

Masih ingat dengan Ais Kepal Milo atau Es Kepal Milo? Yap, kuliner menyegarkan ini awalnya viral di Malaysia dan menarik perhatian pecinta kuliner tanah air. Bahkan setiap kota, ada banyak gerai es kepal dengan aneka varian. Setelah jajanan es cokelat tersebut, rambutan goreng Malaysia kini tengah viral di Negeri Jiran. Seperti apa bentuk dan rasanya? Berikut ulasannya.

Jajanan Unik yang Hits di Malaysia

Postingan rambutan goreng di Twitter
Postingan rambutan goreng di Twitter via instaragram/@kokobuncit

Rambutan goreng viral untuk pertama kali lewat cuitan pemilik akun Twitter bernama Emma Azman. Dalam cuitannya tersebut ia mengunggah empat foto olahan rambutan goreng yang bikin penasaran. Siapa sangka, postingan tersebut banjir komentar dari netizen yang penasaran dengan rasa dan cara membuatnya.

Digoreng dengan Tepung

Bahan untuk membuat rambutan goreng
Bahan untuk membuat rambutan goreng via instagram/@azam_saaya

Sekilas, jajanan ini mirip banget dengan pisang goreng atau tape goreng. Namun, ukurannya lebih kecil. Ternyata cara membuatnya sangat mudah. Teman traveler tinggal memisahkan daging rambutan dengan kulitnya. Kemudian, cuci bersih dan campur dengan adonan tepung. Kemudian digoreng hingga berwarna kuning keemasan.Jajanan yang hits ini sudah siap dijadikan cemilan.

Ternyata Kuliner Khas Jambi

Rambutan goreng khas Jambi
Rambutan goreng khas Jambi via instagram/@poetriantogog

Meski populer di Malaysia, ternyata rambutan goreng ini merupakan kuliner khas Jambi. Cara pembuatannya juga sama dengan memisahkan daging buah dengan kulit serta bijinya. Bedanya, rambutan goreng di Jambi ukurannya lebih kecil karena dagingnya terlebih dulu diiris tipis. Sebelum dicampur dengan adonan tepung, rambutan irisan tersebut dipastikan dalam keadaan kering agar rasanya tetap terjaga.

Aneka Buah yang Bisa Digoreng

Nanas Goreng
Nanas Goreng via instagram/@voilajogja

Selain rambutan, ternyata banyak juga buah segar yang digoreng seperti pisang. Ada nanas goreng krispi yang bisa dijadikan camilan saat liburan di rumah. Kurma, alpukat, durian, apel, sukun dan nangka juga menjadi salah satu bahan yang dijadikan camilan gorengan. Beberapa dicampur dengan tepung, tapi tidak sedikit yang dijadikan keripik.

Nah, itulah ulasan tentang rambutan goreng Malaysia yang viral. Bagaimana sudah pernah coba jajanan khas Jambi ini belum? Cara untuk membuatnya juga sangat mudah banget.

Tags
Indonesia Jambi Kuliner Jambi Malaysia
Share