Rainbow Mountain Unik Nan Berwarna Pelangi, Indonesia juga Punya

Teman Traveler pernah mendengar lirik lagu “somewhere over the rainbow”? Itu adalah lagu yang menggambarkan keindahan suatu negeri di atas pelangi. Ternyata tidak hanya ada dalam lagu saja, keindahan pelangi pun tercermin di rainbow mountain.

Saking indahnya, gunung-gunung tersebut menjadi destinasi wisata alam terkenal di daerahnya. Pelancong berbondong-bondong menyaksikan panoramanya secara langsung. Teman Traveler penasaran seperti apa? Dibaca aja ulasan berikut.

Zhangye National Geopark, Gansu-Tiongkok

Zhangye National Geopark, Gansu-Tiongkok via Instagram @travelandleisure
Zhangye National Geopark, Gansu-Tiongkok via Instagram @travelandleisure

Rainbow mountain ini berada di Gansu, Tiongkok, tepatnya di wilayah Zhangye National Geopark. Gunung ini bisa mempunyai warna-warni seperti pelangi akibat dari zat besi dan mineral yang mengendap di dalam pasir dan lumpurnya.

Teman Traveler akan menyaksikan warna utama gunung ini yaitu merah, kemudian ada bebatuan yang berbentuk garis-garis punya warna kuning dan abu-abu. Pemandangan semakin indah kala matahari terbit dan terbenam.

Vinicunca, Pegunungan Andes-Peru

Vinicunca Mountain, Peru via Instagram @moonmountainman
Vinicunca Mountain, Peru via Instagram @moonmountainman

Vinicunca yang berlokasi di Pegunungan Andes, Peru, inilah yang penampakannya benar-benar mirip dengan pelangi. Tempat indah yang juga disebut Mountain of Seven Colors ini punya ragam warna dari warna biru kehijauan sampai keunguan, serta merah tua hingga emas.

Keindahan tersebut akibat dari melelehnya es yang dahulu menutupi area ini. Air es tersebut bercampur dengan mineral di tanah yang berubah menjadi aneka warna. Area berwarna merah akibat dari campuran karat dan kuning disebabkan oleh besi sulfida.

Warna ungu berasal dari geothite atau limonite yang telah teroksidasi, serta hijau berkat adanya klorit. Kalau ingin menyaksikan keindahannya, pelancong harus mendaki sejauh kurang lebih 9 kilometer.

Landmannalaugar Mountain, Islandia

Landmannalaugar Mountain, Islandia via Shutterstock
Landmannalaugar Mountain, Islandia via Shutterstock

Rainbow mountain selanjutnya berada di Islandia, bernama Landmannalaugar mountain. Gunung warna-warni indah seperti merah, emas, orange, sampai toska ini harus dicapai dengan mendaki. Perjalanan menuju kawasan ini harus melewati Fjallabak Nature Reserve, memakan waktu yang tidak sebentar, kurang lebih 4 hari.

Perjalanan panjang dan melelahkan akan terbayarkan dengan menyaksikan panorama indah gunung pelangi ini. Ditambah lagi ada mata air alami dari panas bumi, bisa nyemplung buat melepas lelah.

Kelabba Maja, NTT-Indonesia

Kelabba Maja, NTT-Indonesia via Instagram @aldi_amran
Kelabba Maja, NTT-Indonesia via Instagram @aldi_amran

Kelabba Maja menjadi rainbow mountain yang ada di Indonesia, tepatnya Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Gunung ini tampak seperti kanvas lukisan warna-warni, ada merah, coklat, putih, maupun biru. Selain punya panorama menakjubkan, area ini pun dianggap suci bagi masyarakat setempat.

Kelabba Maja diyakini sebagai tempat berdiamnya Dewa Maja. Setiap tahun. penduduk mengadakan ritual penyembelihan hewan untuk dikurbankan, demi meminta perlindungan dari sang dewa.

Vermilion Cliffs, Arizona-Amerika Serikat

Vermilion Cliffs, Arizona-Amerika Serikat via Shutterstock
Vermilion Cliffs, Arizona-Amerika Serikat via Shutterstock

Vermilion Cliffs menjadi salah satu rainbow mountain yang berlokasi di Arizona, Amerika Serikat. Tempat ini punya penampakan garis-garis dengan warna dasar merah kecoklatan, diselingi orange dan keemasan. Walaupun indah, namun kawasan monumen nasional ini cukup sepi dan terisolasi.

Ternyata benar-benar ada pegunungan berwarna seperti pelangi. Fenomena alam satu ini nggak mungkin gagal bikin terpana. Apalagi bisa disaksikan dengan mata kepala sendiri. Bagaimana Teman Traveler tertarik melihat langsung?

Tags
Amerika Selatan Luar negeri Rainbow Mountain Wisata
Share