Kelaba Madja, Tebing Batu Eskostis yang Dibentuk Alam

Melisa

Melisa

On Indonesia

Punya waktu untuk liburan panjang? Kali ini coba lupakan sejenak tentang destinasi mainstream seperti Lombok dan Jogja. Indonesia masih memiliki sudut indah yang perlu kamu eksplorasi kecantikannya. Salah satunya adalah Nusa Tenggara Timur yang juga disebut sebagai Pulau Para Dewa. Di antara banyak wisatanya yang luar biasa cantik, ada satu yang wajib kamu junjungi. Apa, ya?

Permata yang Tersembunyi di Pedalaman Kota Seba

Tebing indah di Kelaba Maja
Tebing indah di Kelaba Maja [image source]
Tidak ada yang lebih indah dari tempat yang terbentuk sendirinya karena alam. Kelaba Madja merupakan permata yang ada di Pulau Para Dewa, Nusa Tenggara Timur. Hamparan luas ini dipenuhi dengan tebing batu yang berwarna warni. Setiap tahunnya Kelaba Madja digunakan untuk lokasi upacara adat yang memilih tempat di tiga batu raksasa yang beridiri dengan kokohnya. Sebelah kanan mempunyai nama laki-laki, yang kiri dengan nama wanita. Sedang bagian ketiga disebut anak, lalu batu-batu yang bertebaran di sekitar disebut kawan-kawan.

Kelabba madjaKelabba madja [image source]

Butuh Perjuangan Tinggi untuk Mencapainya

Kelaba Maja NTTKelaba Maja NTT [image source]

Butuh perjuangan yang sangat keras untuk bisa sampai di Kelaba Madja. Kamu bisa menggunakan pesawat dari Susi Air dari Kupang menuju Kota Sabu (Sebu). Rute ini hanya terbang sebanyak dua kali dalam seminggu. Pilihan lainnya adalah menggunakan Kapal Fery dari Pelabuhan Bolok yang akan memakan waktu selama 14 jam. Setibanya di Sabu, kamu bisa segera mencari guide yang akan mengantarkanmu ke Kalebba. Jangan harap bisa naik mobil. Jalanan pun tak mulus, lebih baik menggunakan kendaraan roda 2. Dan berangkatkan pagi-pagi dan kembali sebelum gelap, ya.

Wisata alam, Kelaba Madja
Wisata alam, Kelaba Madja [image source]

Masih Dianggap Sebagai Tempat Keramat

Keindahan Kelaba Madja
Keindahan Kelaba Madja [image source]
Kaleba Maja rupanya termasuk tempat yang dianggap keramat oleh warga. Tempat ini masih sering digunakan untuk upacara adat, seperti meminta hujan. Area yang berbatu indah ini juga digunakan Warga Sabu untuk memuja Dewa Maja, salah satu dewa kepercayaan di daerah ini. Turis yang datang berkunjung ke Kaleba Maja harus didampingi oleh warga sekitar. Bagaimanapun lokasi ini sudah seperti tempat ibadah bagi Warga Sabu. Jangan tinggalkan sampah, atau tulisan yang dapat merusak wisata ini, ya.

Bebatuan di Kelaba Madja
Bebatuan di Kelaba Madja [image source]

Wisata Lainnya Di Sabu Raijua

Pantai Seba, NTT
Pantai Seba, NTT [image source]
Ada wisata lainnya yang ada di kota ini, khususnya Kabupaten Sabu Raijua. Ada beragam pilihan pantai yang bisa dikunjungi, di antaranya adalah Pantai Seba dan Bollow. Meski tak berpasir putih seperti lautan di Lombok, namun perairan di Sabu sangat jernih dan berwarna biru segar. Wisata lainnya adalah Gua Liemadire yang berjarak 10 km dari Kota Seba. Di dalam gua tersebut terdapat kolam yang berair jernih, yang banyak digunakan pengunjung untuk berenang dan menyegarkan diri. Sudah ada gazebo yang disediakan untuk istirahat para turis, kok.

Gua Lie Madire NTT
Gua Lie Madire NTT [image source]

Oleh-oleh khas NTT

Gula Sabu khas NTT
Gula Sabu khas NTT [image source]
Salah satu kegiatan wajib yang dilakukan para traveler adalah berburu oleh-oleh. Ada banyak buah tangan khas dari Kota Sabu, Nusa Tenggara Timur. Di antaranya adalah Gula Sabu, yaitu gula yang dibuat dari Nila Lontar. Manisnya seperti madu. Oleh-oleh lainnya yang bisa dibawa pulang adalah kain tenun khas Sabu. Ada Ei (sarung), Higi (selimut) dan Naleda (selendang) yang bermotif alam, seperti animal, flora, serta geometris. Menenun sendiri merupakan kegiatan tradisional penting yang turun temurun oleh wanita Sabu.

Kain tenun khas Sabu
Kain tenun khas Sabu [image source]
Kelaba Madja

Lokasi:Gela Nalalu, Kecamatan Hawu Mehara, Nusa Tenggara Timur

Nah, tak perlu ragu untuk menghabiskan liburanmu di Nusa Tenggara Timur. Kamu akan terus dibuat takjub dengan keindahan alamnya. Bagaimana, jadi kapan nih?