4 Rahasia di Balik Roller Coaster, Apa Saja Ya Kira-kira?

Roller coaster merupakan salah satu wahana yang paling diminati di taman bermain. Meskipun tergolong ekstrem, wahana ini tak pernah sepi pengunjung. Namun, di balik keseruan permainan ini ada sebuah cerita yang belum banyak diketahui. Penasaran seperti apa? Silakan simak ulasan tentang rahasia di balik roller coaster berikut ini. 

Cat Lintasan yang Pengaruhi Kecepatan 

rahasia roller coaster
Cat lintasan pengaruhi kecepatan via shutterstock

Kecepatan dari wahana ekstrem ini bukan hanya dari pengaturan mesin. Tapi juga dari cat lintasan roller coaster. Seorang desainer dari Roller coaster yang bernama Pike mengungkapkan apabila cat yang dipakai sangat tebal, maka pergerakan roda wahana akan semakin lambat. Beda halnya kalau cat lintasan sudah terkelupas atau sudah berwarna keabuan, gerak roda pada Roller coaster lebih cepat dari biasanya. 

Roller Coaster Kayu Sensitif Terhadap Suhu 

rahasia roller coaster
Roller coaster kayu sensitif suhu via shutterstock

Wahana yang selalu menjadi ikon taman bermain ini terkadang dibuat dari bahan dasar kayu. Nah, ternyata Roller coaster kayu mempunyai daya guncang yang lebih keras daripada yang berbahan logam. Alasannya karena wahana kayu sangat sensitif dengan suhu udara yang lembab. Sehingga mengakibatkan kayu menjadi mengkerut dan baut yang dipasang menjadi tidak pas. Tapi, Teman Traveler tak perlu khawatir, karena pihak taman bermain sudah pasti melakukan perawatan secara berkala. 

Kecepatan Roller coaster juga Dipengaruhi Waktu Menaiki 

Waktu yang mempengaruhi kecepatan via shutterstock

Tidak hanya cat, kecepatan Roller coaster juga bisa dipengaruhi waktu saat kalian naik ke wahana tersebut. Maksudnya adalah, apabila kalian yang pertama kali menaiki wahana di hari itu, Roller coaster akan berjalan lambat. Sedangkan kalau Teman Traveler menjadi pengunjung ke sekian yang mencicipi wahana, maka Roller coaster bisa menjadi lebih cepat. Ini karena Roller coaster yang sudah berjalan berulang kali, sudah melakukan pemanasan pada mesinnya. 

Penumpang Roller coaster jadi Ajang Promosi Terbaik 

Penumpang jadi alat promosi terbaik via shutterstock

Mungkin Teman Traveler agak bingung mengapa iklan Roller coaster selalu menampilkan foto para pengunjungnya yang dalam kondisi teriak. Ternyata, itu ada alasannya yaitu supaya membuat orang tertarik dengan iklannya. Dengan foto penumpang yang berteriak, membuat orang-orang penasaran bagaimana rasanya naik Roller coaster. Maka dari itu, jangan heran kalau wahana permainan satu ini tidak pernah sepi pengunjung. 

Demikian sekelumit info tentang rahasia yang ada di balik Roller coaster. Ternyata, kecepatan wahana ekstrem ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari cat sampai dengan waktu. Bagaimana, apakah rahasia ini menakjubkan atau malah membuat kalian takut? 

Tags
rahasia roller coaster tips traveling Wisata
Share