4 Rahasia Es Krim Turki yang Bikin Pengunjung Penasaran, Makin Pengin Cobain!

Mungkin sudah banyak Teman Traveler yang tahu tentang serunya beli es krim khas Turki. Para pedagang selalu iseng kepada semua pembeli, dengan tidak menaruh es krim di tempatnya secara benar. Namun, pernahkah kalian bertanya, mengapa makanan penyegar tersebut bisa tidak leleh sama sekali? Ternyata, ada rahasia di balik es krim ala Turki ini lho. Yuk, kita simak ulasan di bawah ini.

Tekstur Es Krim yang Tidak Mudah Meleleh 

rahasia es krim turki
Tidak mudah meleleh via instagram/ irene_uecer

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh es krim Turki ini adalah teksturnya tidak mudah mencair. Ya, seperti yang kita lihat di video-video, para penjual selalu memainkan es krimnya, namun tak pernah ada kejadian jatuh atau meleleh. Hal ini juga yang membuat para pembeli penasaran untuk menikmatinya. Kira-kira seperti apa, ya, rasa es krim Turki?

Terbuat dari Bahan yang Hanya ada di Turki 

Ada bahan yang membuatnya tidak meleleh via instagram/airbnbmerve

Es krim khas Turki tidak mudah meleleh terbuat dari akar Bunga Anggrek yang bernama Salep. Bahan yang hanya ada di Turki inilah yang jadi pemeran utama pembuatan es krim supaya tidak meleleh. Ada juga bahan bernama mastic yang merupakan getah agar es krim bisa ditarik-tarik seperti yang dilakukan biasanya oleh si pedagang.

Ada Penambahan Susu Kambing Pada Es Krim 

Ada penambahan susu kambing via instagram/mehmetgurdogan

Selain akar anggrek dan mastic, ada tambahan lain dalam pembuatan es krim bernama maras dondurmasi ini, yaitu susu kambing. Ia berfungsi untuk memadatkan es krim agar tidak mudah mencair.

Bahkan, dalam proses pembuatannya, pedagang terkadang sampai menggunakan gergaji untuk memotong es krimnya. Jadi, jangan heran kalau kalian membeli es krim tersebut, tidak akan mencair dalam waktu yang cukup lama. 

Keisengan Pedagang yang Jadi Daya Tarik 

Video keisengan penjual via instagram/mustafatosuncu

Nah, berkat teksturnya yang tidak gampang meleleh, menjadikan para pedagang melakukan keisengan kepada pembeli. Hal ini pun akhirnya menjadi salah satu trik untuk menarik pengunjung. Es krim maras dondurmasi bisa ditemukan di tempat wisata Turki.

Itulah deretan rahasia dari es krim Turki yang banyak diperbincangkan di mana pun. Keisengan yang dilakukan para penjual, semata-mata hanya untuk menghibur dan menarik pembeli. Jadi, jangan buru-buru marah, ya, ketika tidak segera mendapat es krimnya.

Tags
kuliner Luar negeri rahasia es krim turki Turki
Share