Tempat Rabeg Banten, Kuliner Sesepuh yang Sudah Ada Sejak Zaman Kesultanan

Advertisement

Rabeg adalah kuliner khas Banten yang ternyata memiliki sejarah panjang. Bagaimana tidak, berawal dari perjalanan Raja Banten Sultan Maulana Hasanudin naik haji, terciptalah kuliner ini. Masakan dengan kuah ini merupakan kuliner favorit Sultan Banten. Dengan perkembangan yang pesat, banyak tempat berjualan rabeg di Banten. Inilah daftarnya.

Rabeg H. Naswi

Rabeg H. Naswi, via Instagram/bobbynurulkamal
Rabeg H. Naswi, via Instagram/bobbynurulkamal

Rabeg H. Naswi merupakan salah satu penjual legendaris di Serang, Banten. Tempatnya telah dirintis sejak tahun 1980-an, dan sekarang sudah dipegang oleh generasi kedua. Salah satu keunggulannya, cara pengolahan rabeg di sini masih menggunakan metode tradisional dan tak tersentuh modernisasi.

Lokasinya berada di Jl. Mayor Syafei No. 30, Kota Serang, Banten. Waktu operasionalnya, mulai pukul 09:00 hingga 03:00 WIB. Harganya, dibandrol Rp17.000 sampai dengan Rp20.000. Salah satu tempat yang sangat populer berburu yang dikunjungi jika orang-orang ingin rabeg enak.

Warung Rabeg & Pindang “Mang Sam”

Warung Rabeg Mang Sam, via Instagram/megaarintika
Warung Rabeg Mang Sam, via Instagram/megaarintika

Lokasi lainnya adalah Rumah Makan Mang Sam yang menawarkan rabeg yang cukup berbeda. Jika kebanyakan rabeg di lokasi lain kuahnya sedikit encer, di sini cukup kental.

Tak hanya rabeg saja, para pengunjung juga bisa mencicipi menu lainnya, contohnya saja pindang. Lokasinya berada di Jl. Arga Raya Malabar Blok 9, No. 17, Grogol, Cilegon, Kotasari, Kota Cilegon, Banten. Untuk harganya, satu porsi rabeg dan nasi dibandrol Rp20.000 saja.

Nasi Uduk Rabeg Pak Dhe

Nasi Uduk Rabeg Pak Dhe, via Instagram/jajanbanten
Nasi Uduk Rabeg Pak Dhe, via Instagram/jajanbanten

Nasi Uduk Rabeg Pak Dhe juga menjadi tempat jujukan yang lain untuk berburu kuliner berbahan dasar daging kambing ini. Lokasinya berada di Jl. Nurul Ikhlas No. 20, Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Banten. Lebih mudahnya, tempat makan ini berada di depan RS Kurnia Jombang.

Selain nasi uduk rabeg, ada lontong sayur, gorengan, dan ragam sayur enak. Harganya, dibandrol mulai dari Rp10.000-15.000 saja. Murah sekali bukan? Yuk mampir jika sedang jalan-jalan di Cilegon atau sekitaran Banten.

Rabeg Depan SMPN 1 Cilegon

Rabeg Depan SMPN 1 Cilegon, via Instagram/ridho_kelana
Rabeg Depan SMPN 1 Cilegon, via Instagram/ridho_kelana

Selanjutnya ada lokasi lain yang menjual daging rabeg dengan citarasa mak nyus. Lokasinya berada di depan SMPN 1 Cilegon, atau Jl. Cut Nyak Dien No. 34, Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Cilegon, Banten.

Bukan hanya kambing, di tempat makan Banten ini menyediakan rabeg yang berasal dari daging sapi dan kerbau. Harganya murah meriah, satu porsinya Rp14.000 saja.

Jika kamu penasaran dengan menu khas Banten satu ini, jangan lewatkan untuk mencobanya jika jalan-jalan. Terutama buat kamu yang selama ini gemar dengan olahan kambing, rabeg merupakan menu yang rekomeded sekali buat dicicip-cicip.

Advertisement
Tags
Banten Indonesia kuliner banten Rabeg di banten
Share