Raan Jay Fai, Pemilik Warung Kaki Lima yang Meraih Michelin Star di Bangkok

Banyak yang bisa dikunjungi jika berada di Thailand, termasuk mencoba makanan khasnya. Jika Bangkok tujuan Teman Traveler, ada banyak tempat makan dengan makanan lezat yang bisa dicoba. Salah satu warung kaki lima milik Raan Jay Fai yang wajib dicoba. Warung miliknya ini telah meraih Michelin Star. Seperti apa ya keunikan dan menu yang disajikan Jay Fai?

Satu dari Tujuh Belas Restoran

Satu dari tujuh belas restoran yang meraih penghargaan Michelin
Satu dari tujuh belas restoran yang meraih penghargaan Michelin Via Instagram/loongsniper

Jay Fai memiliki warung yang sederhana. Di dalamnya hanya memuat beberapa meja dan kursi dari plastik. Walaupun tampak sederhana, Raan Jay Fai masuk sebagai salah satu dari 17 restoran di dalam buku Michelin Guide Bangkok. Ia mendapatkannya pada awal Desember tahun 2017 lalu. Jay Fai telah memasak selama kurang lebih 30 tahun dan masakannya pun terasa istimewa.

Omelet Kepiting Sebagai Menu Favorit

Omelet Kepiting
Omelet Kepiting Via Instagram/konggirlkongeat

Jay Fai, wanita yang telah berusia lebih dari 70 tahun ini menyajikan hidangan berbau seafood. Salah satu menu yang paling favorit adalah omelet kepiting dan drunken noodles. Menu drunken noodles merupakan perpaduan antara mie beras dengan daging sapi, seafood, sayuran, dan juga bumbu gurih kental dan khas China. Tak heran, menu masakan tersebut selalu diborong para pelanggan. Omelet kepitingnya pun selalu diantre oleh pelanggan selama 2 hingga 3 jam dalam seharinya.

Gaya Memasak yang Tak Biasa

Raan Jay Fai Menggunakan kacamata ski saat memasak
Menggunakan kacamata ski saat memasak Via Instagram/fameownz

Jay yang kerap disapa “Sister Mole” ini memasak hidangannya di dapur terbuka. Wanita ini memasak dengan api besar sehingga juga tak jarang menarik para pengunjung untuk datang. Jay memiliki gaya yang unik karena ia selalu memakai kacamata ski saat memasak. Banyak orang juga yang terlihat datang hanya untuk sekedar melihat dan memoto namun mereka tidak makan.

Mempertahankan Pelanggan Setia

Suasana tempat milik Jay Fai
Suasana tempat milik Jay Fai Via Instagram/yveshb

Setelah mendapat gelar dari Michelin banyak perubahan yang terjadi. Salah satunya adalah lonjakan pelanggan yang datang. Mulai dari antrean di sepanjang jalan, putrinya harus berhenti kerja untuk mengurus restorannya, hingga ditarik pajak restoran resmi. Karena warungnya yang selalu ramai, para pelanggan yang ingin makan di sini harus melakukan reservasi terlebih dahulu agar tidak terlalu lama menunggu. Walaupun banyak orang yang datang untuk memoto dan sekedar melihat, tetap saja warung milik Jay Fai sudah memiliki pelanggan tetap dan setia.

Untuk mendapatkan penghargaan dari Michelin tentu saja tidak mudah. Berbagai pertimbangan dilakukan agar bisa diterima masyarakat banyak. Raan Jay Fai merupakan orang yang beruntung karena warung kaki lima miliknya mendapat penghargaan. Dengan begitu, langsung pengen cepat coba nih!

Tags
bangkok kuliner bangkok kuliner thailand Thailand
Share