Jalan Somba Opu, Surganya Oleh-oleh Khas Makassar

Sulawesi Selatan memiliki empat suku yang terdiri dari Bugis, Mandar, Toraja, dan Makassar. Keberagaman budayanya menghasilkan benda tradisional yang unik dan wajib dijadikan kenang-kenangan. Untuk mendapatkannya, kamu tak perlu repot mengelilingi Makassar. Cukup berkunjung ke pusat oleh-oleh di Somba Opu. Mau tahu ada apa saja di sini? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Sentral Oleh-oleh Serba Ada di Makassar

peci tradisional ini ada di setiap toko oleh-oleh [image source]
Kawasan ini menjadi tempat tersibuk di Makassar, terutama saat hari libur. Tak heran, Somba Opu merupakan pusat oleh-oleh terbesar di Sulawesi Selatan. Sepanjang jalannya dipenuhi toko oleh-oleh tradisional, mulai dari kerajinan tangan sampai makanan khas. Ada peci bugis, kain tenun Toraja, bahkan sampai minyak gosok cap tawon yang terkenal. Beberapa penjual sudah mematok harga, tapi kamu masih bisa menawar, kok!

Boneka khas toraja yang bisa menjadi cinderamata [image source]

Dekat dengan Banyak Objek Wisata

Cukup 5 menit untuk sampai ke Pantai Losari [image source]
Letak kawasan ini berdekatan dengan objek wisata terkenal di Makassar, seperti Pantai Losari, Benteng Rotterdam, dan juga Trans Studio. Dua tempat pertama bahkan bisa kamu kunjungi dengan berjalan kaki dari sini. Selain itu, di sekitar Somba Opu juga terdapat banyak guest house maupun hotel. Lokasinya cukup strategis, bukan?

Ke Benteng Rotterdam juga bisa dengan jalan kaki [image source]

Terinspirasi dari Benteng Tersohor

Suasana sehari-hari di Jalan Somba Opu [image source]
Namanya diambil dari salah satu benteng terkuat di Sulawesi Selatan, Benteng Somba Opu. Dulunya, benteng ini juga menjadi pusat perdagangan rempah-rempah sebelum diserang oleh VOC. Pemerintah setempat berniat membuat hal yang sama dan meresmikan kawasan ini sebagai sentral oleh-oleh pada tahun 1970. Hingga kini, Somba Opu tak pernah sepi pengunjung.

Terinspirasi dari benteng tersohor [image source]

Pusat Jual Beli Emas Terbesar di Sulawesi Selatan

Berbagai perhiasan yang dijual [image source]
Tidak hanya oleh-oleh tradisional, kawasan Somba Opu juga terkenal sebagai pusat jual beli emas. Tak kurang dari 30-an toko menjajakan benda mewah ini di sini. Umumnya, emas yang dijual memiliki kadar 22-23 karat. Bentuknya juga beragam seperti cincin, gelang, kalung, dan masih banyak lagi. Pembelinya pun tak cuma warga sekitar saja, tapi juga wisatawan lokal maupun mancanegara. Keren, kan?

Bisa jadi hadiah untuk pasangan [image source]
Umumnya toko-toko di kawasan Somba Opu buka dari pagi hingga sore hari. Malamnya, kawasan ini bertransformasi menjadi pusat kuliner. Jajanan seperti pisang epe berada hampir di setiap sudut dalam bentuk warung jalanan. Ramai, kan? Tunggu apa lagi, segera berkunjung ke Makassar ya!

Tags
Indonesia Makassar Somba Opu Sulawesi Selatan
Share