Taman Puri Maerakaca Semarang, Kamu Wajib Mampir ke Sana

Jalan-jalan ke objek wisata Semarang bisa kamu pilih saat Yogyakarta sudah dipenuhi turis yang datang dari seluruh penjuru dunia. Ibukota Jawa Tengah ini juga memiliki beberapa wisata andalan untuk liburan keluarga atau sekadar refreshing di akhir pekan bareng sahabat. Salah satunya adalah Puri Maerakaca. Ada apa saja, ya?

Wisata Puri Maerokoco/Maerakaca bukan destinasi baru di Semarang. Taman bermain ini sudah diresmikan sejak tahun 80-an silam dan sempat sepi karena ditinggalkan pengunjungnya. Namun, setelah beberapa perbaikan di sana-sini, akhirnya dipenuhi wisatawan lagi.

Berperahu di Puri Maerakaca
Berperahu di Puri Maerakaca [image source]

Puri Maerakaca juga disebut sebagai Taman Mini-nya Semarang. Kamu bisa melihat rumah-rumah adat lengkap dengan hasil industri dan kerajinan masing-masing wilayah.

Rumah Adat di Puri Maerakaca
Rumah Adat di Puri Maerakaca [image source]

Taman ini juga didesain untuk bermain. Ada banyak wahana yang disuguhkan, di antaranya bianglala, becak air, komidi putar hingga water park. Kalau ingin mencoba permainannya satu persatu, datanglah lebih pagi. Lokasi wisata ini sudah buka sejak jam 8 pagi dan tutup pukul 18.00 WIB dengan tiket masuk di kisaran 10 ribu rupiah.

Bianglala di Puri Maeracaka
Bianglala di Puri Maeracaka [image source]

Puri Maerakaca kini menjadi bagian dari Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Semarang yang berada di wilayah Tawang Mas. Dari Simpang Lima, kamu bisa menuju Tugu Muda hingga bertemu dengan tanda jalan PRPP di lampu merah. Ikuti saja petunjukknya yang sudah dibuat lengkap dan mudah.

Taman Puri Maerakaca Semarang
Taman Puri Maerakaca Semarang [image source]

Di Grand Maerakaca ini kamu juga bisa menyegarkan pikiran karena kembali didekatkan dengan alam. Ada danau yang bisa dikelilingi dengan perahu. Kamu juga bisa trekking di hutan mangrove yang keren dan instagram-able. Siap-siap berpose dan jepret-jepret, nih.

Dermaga di Puri Maerakaca
Dermaga di Puri Maerakaca [image source]

Di akhir pekan dan hari libur, destinasi liburan satu ini buka sampai malam. Kamu bisa mengajak si dia untuk menikmati keindahan sunset sambil menyesap kopi di kafe samping danau. Lokasi ini pun sering digunakan untuk acara-acara musik.

Sunset romantis di Puri Maerakaca
Sunset romantis di Puri Maerakaca [image source]

Jika kamu sering menemukan gembok cinta, di sini justru ada dinding yang penuh dengan harapan-harapan para wisatawan. Jangan lupa meninggalkan impian dan doa-doamu di sini, ya. Siapa tahu akan ada banyak amin dari pengunjung lain yang membacanya. Setuju, kan?

Wall of hope di Puri Maeracaka
Wall of hope di Puri Maeracaka [image source]

Di lokasi wisata ini ada beberapa kuliner yang wajib dicoba. Salah satunya seafood yang ada di Warung Bu Ana yang berlokasi di dekat pintu masuk Puri Maerakaca. Andalan di sini adalah udang kremesnya yang kriuk banget. Kalau ingin mencicipi berbagai hidangan laut ini, jangan datang lebih dari jam 12 siang. Tak mau antri panjang dan berujung kehabisan, kan?

Kuliner Warung Makan Bu Ana
Kuliner Warung Makan Bu Ana [image source]

Kuliner wajib coba lainnya adalah Pecel Bu Ratna. Lokasinya berada di sekitar anjungan Pekalongan, warung Bu Ratna menyajikan makanan nikmat dengan harga tak menjerat. Seporsi nasi pecel dengan dua dadar jagung seperti ini harganya berkisar 10 ribu rupiah saja. Kenyang dan bahagia!

Pecel Bu Ratna di Puri Maerakaca
Pecel Bu Ratna di Puri Maerakaca [image source]

Dalam perjalanan pulang, jangan lupa mampir di Kabayan House of Pie di Jalan Anjasmoro Raya yang berjarak hanya 4 menit berkendara dari Taman Wisata. Ada berbagai pie super enak yang bisa dibawa pulang untuk buah tangan orang-orang kesayangan di rumah.

Kabayan House of Pie
Kabayan House of Pie [image source]
Lokasi : Jl Yos Sudarso / Komplek Tawang Mas Jln. Puri Anjasmoro B, Semarang, Indonesia

Wah, sekarang jadi tak perlu bingung harus ke mana untuk menghabiskan akhir pekan di Semarang. Boleh nih rencanakan liburan singkat ke Puri Maerakaca bareng sahabat dari sekarang. Bagaimana, setuju kan?

Tags
Indonesia Jawa Tengah semarang Taman Wahana Wisata
Share