Pantai Puncak Guha Garut, Destinasi Eksotis yang Sajikan Panorama Bukit dan Laut

Tak hanya dikenal sebagai kota penghasil dodol, Garut juga memiliki keindahan alam yang memesona. Lengkap, ada wisata alam dengan pantai-pantainya, juga Kawah Kamojang yang seindah Swiss. Jika biasanya di satu tempat wisata hanya memiliki satu keunggulan, lain halnya dengan Puncak Guha. Di sini, Teman Traveler akan dibuat takjub dengan keindahn bukit dan laut yang berada di satu tempat. Penasaran? Yuk baca lebih lanjut.

Hamparan Bukit dan Laut

Hamparan Bukit dan Laut
Hamparan Bukit dan Laut via Instagram/govindakepaleng21

Pantai Puncak Guha berlokasi di Desa Sinarjaya, Kec. Bungbulang, Kabupaten Garut. Pantai ini merupakan semenanjung kecil berupa tebing. Karena berbatasan dengan laut lepas, Teman Traveler akan dibuat takjub dengan pemandangan bebatuan, hamparan rerumputan hijau, serta pantai yang juga bersih.

Destinasi ini merupakan tempat yang tepat untuk menenangkan pikiran karena wisatawan ditemani dengan suara gemuruh ombak dan angin yang sepoi-sepoi. Bahkan saking indahnya, tempat ini juga pernah disebutkan di dalam novel Perahu Kertas, karya Dewi Sri Lestari.

Terdapat Gua Kelelawar

Gua Kelelawar
Gua Kelelawar via Instagram/garut_turunankidul

Sesuai dengan namanya, terdapat sebuah gua kelelewar di  bawah Puncak Guha. Ketika menjelang sore hari, pengunjung dapat dengan jelas melihat kelelawar yang berterbangan dari bawah dan hal tersebut menjadi keunikan tersendiri.

Pantai Puncak Guha
Pantai Puncak Guha (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Namun, bagi pengunjung yang tidak tahan akan bau kotorannya yang menyengat, bisa menggunakan masker. Selain itu, bagi yang sedang merencanakan touring, Pantai Puncak Guha merupakan destinasi yang tepat. Para wisatawan yang datang hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000 per orangnya.

Melakukan Berbagai Aktivitas

Melakukan Berbagai Aktivitas
Melakukan Berbagai Aktivitas via Instagram/rizkileo13

Tak hanya menikmati pemandangan yang cantik, pengunjung juga bisa melakukan beberapa aktivitas seperti memancing, berfoto-foto, bersantai di hammock, dan juga camping. Puncak Guha menawarkan sensasi yang berbeda. Teman Traveler akan ditemani dengan suara deburan ombak, pemandangan matahari terbit dan terbenam, serta angin yang bertiup cukup kencang. Bagi yang ingin memancing, Teman Traveler harus berusaha ekstra terlebih dahulu, karena harus menuju ke lokasi yang berada di bawah tebing. Maka dari itu harus berhati-hati agar tidak terkena hantaman ombak yang cukup besar.

Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi
Rute Menuju Lokasi via Instagram/puncakguha

Untuk menuju ke Puncak Guha, tubuh Teman Traveler harus dalam keadaan fit. Jika berangkat dari Kota Garut maka akan memakan waktu selama 3 hingga 4 jam perjalanan darat. Rute lainnya adalah jika berangkat dari kota Bandung, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke Pangalengan. Setelah itu berkendara ke arah Rancabuaya hingga akhirnya sampai di tempat tujuan. Bagi yang melewati jalur ini, Teman Traveler juga bisa berkunjung ke beberapa destinasi lain seperti Situ Cileunca karena berada dalam satu jalur.

Itulah keindahan yang bisa Teman Traveler temukan jika berkunjung ke Pantai Puncak Guha di Garut. Seru banget bisa menikmati dua keindahan di satu tempat, bukan? Bagaimana, tertarik menghabiskan akhir pekan di sini?

Tags
Garut Indonesia Jawa Barat puncak guha Wisata wisata garut
Share