Wisata Kawah Kamojang Garut, Sauna Alami dari Swiss van Java yang Wajib Dicoba!

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Teman Traveler ingin suasana liburan yang berbeda? Coba jalan-jalan ke kawasan Garut. Kabupaten berjuluk Swiss van Java ini miliki sauna alami. Namanya adalah Kawah Kamojang. Berdasarkan geomorfologi, bentang alam Garut terdiri atas dua aransemen. Ada dataran dan cekungan antara gunung yang membentuk huruf U besar; lalu rangkaian gunung api aktif yang mengelilingi dataran dan cekungan. Dilihat dari bentang alam aransemen kedua, tidak heran jika kabupaten ini memiliki wisata air panas atau panas bumi. Untuk lebih lanjut, simak uraiannya berikut ini yuk!

1. Lokasi Kawah Kamojang

Lokasi Kawah Kamojang via Instagram
Lokasi Kawah Kamojang via Instagram/ natgeoindonesia

Lokasi Kawah Kamojang Garut berada di antara perbatasan Kabupaten Bandung dan Garut. Menurut administrasi pemerintahan, kawasan ini terletak di dalam dua wilayah. Pertama masuk dalam wilayah Desa Cibeet, Paseh, Kabupaten Bandung. Kedua masuk juga dalam kawasan Desa Randakurung, Samarang, Garut.

2. Terdapat Banyak Kawah dengan Nama Unik

Sauna Alami di Swiss van Java via Instagram
Sauna Alami di Swiss van Java via Instagram/ dytha_khay

Di Kawah Kamojang, ada beberapa kawah yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Namanya unik-unik. Seperti Kawah Manuk yang mengeluarkan suara seperti manuk (burung), Kawah Berecek, Kawah Hujan yang akan memberikan sensasi seperti sedang hujan-hujanan, Kawah Cibuliran, Kawah Sorekat, Kawah Cikahuripan dan Kawah Kereta Api. Di Kawah Hujan, terdapat sebuah tempat sauna alami terbuka yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit jantung, rematik, tekanan darah tinggi, penyakit kulit hingga stroke.

Dipercaya Menyembuhkan Berbagai Penyakit via Instagram
Dipercaya Menyembuhkan Berbagai Penyakit via Instagram/ aysahaz

Sementara itu, di antara kawah-kawah tersebut, Kawah Kereta Api merupakan yang paling dianggap menarik oleh para wisatawan. Dengan atraksi dari seorang penjaga, kawah ini bisa mengeluarkan suara seperti kereta api. Di sini, terdapat sumber air panas yang dapat dimanfaatkan atau dipercaya ampuh mengobati penyakit kulit. Teman Traveler yang punya masalah gatal-gatal, bisa coba menyembuhkannya di tempat ini.

3. Merupakan Cagar Alam dan Taman Wisata

Kawasan Wisata Alam Kawah Kamojang via Instagram
Kawasan Wisata Alam Kawah Kamojang via Instagram/ syifathia

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 110/Kpts-II/90 tanggal 14 Maret 1990, Cagar Alam dan Taman Wisata Alam Kamojang, ditetapkan memiliki luas sekitar 8.286 hektare. Termasuk di dalamnya adalah Kawah Kamojang yang bisa Teman Traveler kunjungi. Kawasan ini memiliki lanskap alam yang indah. Udaranya juga masih sangat sejuk.

Sebagai kawasan cagar alam, terdapat pula beragam flora dan fauna. Beberapa kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan di sini antara lain mandi air panas, menikmati keindahan alam, lintas alam dan wisata edukasi berupa pengamatan terhadap gejala alam, flora serta fauna.

4. Dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

PLTU Kamojang via Instagram
PLTU Kamojang via Instagram/ ariskustanto

Pemanfaatan energi uap yang ada di Kawah Kamojang sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi sudah dilakukan sejak 1983. PLTP Kamojang Unit 1 hingga 3, dikelola oleh PT Indonesia Power, sementara Unik 4 dan 5 dikelola oleh PT Pertamina Geothermal Energy. Energi yang dihasilkan oleh unit 4 dan 5 sebesar 235 MW. Pemanfaatan energi uap oleh peruahaan-perusahaan ini memiliki peran penting untuk masyarakat, terutama sebagai pasokan energi terbarukan yang ramah lingkungan.

5. Legenda Kawah Kamojang

Kawah Kamojang Takluput dari Legenda via Instagram
Kawah Kamojang Takluput dari Legenda via Instagram/ sohyunjae98

Keunikan fenomena alam Kawah Kamojang tidak luput dari cerita-cerita legenda. Di lingkungan masyarakat sekitar, kawasan ini erat kaitannya dengan cerita Si Mojang atau Sang Gadis. Konon, zaman dahulu, Kawah Kamojang merupakan tempat tinggalnya. Ia hidup bersama kedua orangtua. Sampai suatu hari, Si Mojang diminta untuk menikah dengan lelaki tua dan menjadi istri ke lima. Menolak dinikahkan, Si Mojang melarikan diri ke dalam hutan. Berbagai upaya dilakukan, namun ia takkunjung ditemukan. Sejak saat itu, lokasi hilangnya Si Mojang dinamakan dengan sebutan Kamojang.

Wisata Kamojang yang Punya Legenda via Instagram/ happy_hahn
Wisata Kamojang yang Punya Legenda via Instagram/ happy_hahn

Menarik ya! Alam dengan segala keunikannya, seperti di Kawah Kamojang ini, selalu memberi kejutan. Jadi, selain membeli dodol dan aneka produk kulit domba Garut, kabupaten ini punya sauna alami yang harus segera dikunjungi! Ditunggu ya!