Serunya Menaklukkan Rante Mario, Salah Satu Puncak Tertinggi Indonesia

Atap Sulawesi atau yang di kenal dengan Puncak Rante Mario berada di rentetan Pegunungan Latimojong yang berada di Kabupaten Enrekang. Puncak ini memiliki ketinggian 3443 mdpl. Puncak Rante Mario merupakan salah satu dari 7 summit of Indonesia yaitu gunung tertinggi yang mewakili 7 pulau terbesar yang ada di Indonesia.

Untuk bisa sampai ke sana, kamu membutuhkan waktu sekitar 8 jam perjalanan dari ibukota provinsi Sulawesi Selatan. Berikut ini beberapa yang akan kamu temui saat menanjak Puncak Rante Mario.

1. Tantangan Menuju Puncak

Tantangan menuju puncak (c) Rahmat Saiful/Travelingyuk

Untuk sampai pada titik tertinggi Sulawesi, memakan waktu kurang lebih 4 jam dari Pos 7 jalur pendakian. Tidak hanya punya niat untuk bisa ke sini. Kamu juga memerlukan mental, tenaga, dan semangat 45 untuk menapakkan kaki di Atap Sulawesi.

Jalur menuju puncak bukan main terjalnya, bahkan bisa saja kamu berfikir bukan lagi mendaki gunung, melainkan memanjat gunung. Ada begitu banyak rentetan bukit yang harus dilalui untuk bisa sampai ke Puncak.

2. Lelah akan Terbayar Lunas

Pos 7 jalur pendakian (c) Rahmat Saiful/Travelingyuk

Ketika melihat foto ini mungkin kamu akan berpikir kalau sudah sampai di Puncak. Padahal foto itu saat berada di Pos 7 jalur pendakian. Pos 7 saja sudah indah, tentu kamu bisa membayangkan betapa indahnya lagi jika sudah sampai Puncak.

Semua rasa lelah selama perjalanan akan hilang ketika menapakkan kaki di Pos ini. Perjalanan ini memakan waktu berhari-hari, makan minum seadanya, melewati hutan yang sepi, dan tak ada sinyal. Ibaratnya seperti kembali hidup di masa lampau tanpa teknologi.

Solidaritas teman (c) Rahmat Saiful/Travelingyuk

Menaiki Puncak Rante Mario memang banyak tantangan, namun kamu akan lebih bisa mengenal karakter kawan-kawanmu. Solidaritas kalian akan diuji saat naik ke Puncak.

Teman Traveler akan bisa mengenal karakter mereka mulai dari yang susah beradaptasi, cepat lelah, atau bahkan ada yang meminta kembali karena tidak sanggup untuk melanjutkan perjalanan. Namun, semua alasan itu bisa teratasi jika semua orang bisa saling menguatkan dan mau berjuang sama-sama untuk bisa sampai di titik tertinggi wisata Enrekang ini.

3. Banyaknya Tipuan Puncak

rante mario
Pos 7 jalur pendakian (c) Rahmat Saiful/Travelingyuk

Untuk bisa mencapai Pos 7 kamu harus melalui kurang lebih 17 puncak tipuan atau bayangan yang dilalui. Bisa saja kamu tertipu dan mengira sudah sampai di Puncak. Maka dari itu sebelum ke sini harus tahu terlebih dahulu jalur apa saja yang akan dilewati.

Bermodal tekad yang kuat memang cukup untuk bisa sampai ke Puncak. Namun hal yang terpenting kamu harus bisa bertahan dan bangkit untuk melanjutkan perjalanan. Harapannya setelah melewati tantangan mendaki Puncak Rante Mario ini semoga bisa membawa semangat baru untuk Teman Traveller. Jadi, kapan mau menyusul ke Puncak Gunung Indonesia satu ini?

Tags
enrekang Indonesia puncak rante mario sulawesi Sulawesi Selatan
Share