Pulau Tujuh Maluku Tengah, Keindahan yang Belum Terjamah

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Indonesia

Apakah Teman Traveler tahu bahwa terdapat ‘surga’ tersembunyi di daerah Maluku? Salah satu kabupaten yang memiliki keindahan menawan dengan deretan gugusan pulau adalah Maluku Tengah. Pulau Tujuh atau disebut juga Nusa Itu yang belum banyak terjamah ini, ternyata menyimpan sejuta pesona. Penasaran seperti apa? Yuk dibaca sampai akhir!

Pesona Keindahan Gugusan Pulau di Maluku Tengah

Salah Satu Sudut Teduh di Pulau Tujuh via Shutterstock

Pulau Tujuh berlokasi di Desa Pasanea, sesuai namanya terdapat gugusan tujuh pulau kecil di kawasan ini walau kini tersisa enam saja. Kalau Teman Traveler berangkat dari Ambon, bisa menempuh perjalanan laut menuju Pulau Seram selama kurang lebih 2 jam menggunakan kapal. Dilanjutkan dengan perjalanan darat ke Desa Saka memakan waktu sekitar 6 jam. Dari pinggir pantai desa tersebut, masih berlanjut menyeberang ke Pulau Tujuh yang berjarak 10 menit menggunakan perahu nelayan.

Pemandangan Bawah Laut yang Menakjubkan

Keindahan Bawah Laut di Balik Hamparan Air Biru via Shutterstock

Pemandangan laut di kawasan lautan Maluku memang terkenal indah, termasuk juga Pulau Tujuh. Dikarenakan masih jarang dijamah, terumbu karang yang tumbuh di bawah laut begitu sehat, ada juga anemon yang cukup besar dengan penghuninya si ikan nemo, selain itu terdapat aneka ragam biota laut. Tidak perlu snorkeling terlalu dalam, Teman Traveler sudah bisa menyaksikan semua keindahan tersebut.

Perjalanan Melelahkan Terbayarkan

Hamparan Lautan Biru via Shutterstock

Demi menikmati menawannya Pulau Tujuh memang membutuhkan ‘pengorbanan’, menempuh perjalanan cukup jauh dari darat sampai laut. Akses jalan yang berkelok-kelok tajam. Selain itu juga terbatasnya fasilitas transportasi umum yang ada di lokasi. Namun semua itu terbayarkan saat Teman Traveler bisa duduk di pinggir pantai, memandangi hamparan lautan biru yang tak kalah menakjubkan dari Maldives. Mendapatkan ketenangan demi menyegarkan kembali pikiran apalagi bagi Teman Traveler yang biasa hidup dengan hiruk pikuk perkotaan.

Tidak Perlu Khawatir Jika Ingin Menginap

Bermalam di Resort Sederhana Pulau Tujuh via Instagram @meydinaely

Keistimewaan lain dari pulau indah ini adalah adanya Nusa Itu Resort, sebuah penginapan bergaya tradisional dan privat bagi Teman Traveler yang ingin stay di Pulau Tujuh. Dikelola oleh warga setempat yang berprofesi sebagai nelayan dan memang dibuka untuk umum, dibanderol dengan harga sekitar 300 ribu per malam. Alternatif lain kalau Teman Traveler ingin menginap adalah dengan mendirikan tenda di kawasan pantai.

Memang menyenangkan apabila bisa menemukan destinasi wisata pulau yang indah dan masih bersih. Tentu kita sebaiknya menjaga agar tetap menawan walau telah diketahui banyak orang ya. Teman Traveler sudah siap menjelajah Pulau Tujuh?