Pulau Tidung, Spot Istimewa untuk Camping Seru Bareng Teman

Pulau Tidung merupakan bagian dari Kepulauan Seribu yang terkenal dengan keindahannya. Tiap akhir pekan, destinasi ini selalu diserbu oleh wisatawan, baik lokal maupun asing. Umumnya, mereka datang rombongan bersama agen perjalanan wisata dengan harga mulai dari Rp350.000 – Rp450.000 per orang. Ingin lebih hemat? Coba camping di sini. Seperti apa serunya? Yuk, simak penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Mohammad Guruh tentang aturan yang ada di Pulau Tidung.

Profil Pulau Tidung

Perlu diketahui pulau di Kepulauan Seribu ini terbagi dua bagian yaitu besar dan kecil. Kedua pulau tersebut terpisah dan tersembung dengan Jembatan Cinta yang merupakan ikon Pulau Tidung. Banyak yang bilang jika menyeberangi jembatan ini dapat membuat hubungan pasangan menjadi langgeng. Tak hanya itu, jembatan ini sering dijadikan wisatawan untuk lompat langsung ke laut dengan tinggi 6 meter.

Kebersamaan Di Jembatan Cinta (Dokumen : Pribadi)
Kebersamaan Di Jembatan Cinta (c)Mohammad Guruh/Travelingyuk

Penginapan di Pulau Tidung sebenarnya cukup banyak, tapi hanya terpusat di kawasan bagian Tidung Besar. Jika ingin camping, Teman Traveler harus tahu jika tidak diizinkan mengelar tenda di Pulau Tidung Besar. Semua aktivitas berkemah hanya bisa di Tidung Kecil. Tiket masuknya suka rela, yang terpenting izin dengan petugas. Tidung Kecil sendiri tidak berpenghuni dan merupakan wilayah konservasi hutan mangrove. Semua wisatawan yang berada di area tersebut harus menjaga dan ikut melestarikan dengan cara tidak merusak ekosistemnya.

Transportasi Menuju Pulau Tidung

Cara ke Pulau Tidung bisa menyeberang di dua pelabuhan di Jakarta, yaitu Muara Angke dan Marina Ancol. Jika dari Muara Angke, disarankan untuk datang lebih pagi. Loketnya sendiri buka jam 6 pagi. Sedangkan harga tiketnya Rp40.000 untuk sekali berangkat di jam 8 pagi. Jangan sampai salah beli tiket atau pun salah naik, karena kapal di pelabuhan ini memiliki tujuan berbeda. Jarak tempuhnya bisa sampai 2-3 jam dengan kapal motor, tergantung kondisi cuaca dan ombak.

Menikmati Pagi Di Pulau Tidung Kecil (Dokumen : Pribadi)
Menikmati Pagi Di Pulau Tidung Kecil (c) Mohammad Guruh/Travelingyuk

Sementara dari Marina Ancol menggunakan kapal cepat speed boat, otomatis waktu penyeberangan akan terasa lebih menyingkat waktu. Sudah jelas pasti harga terbilang mahal dan belum termasuk tiket masuk Ancol. Mau dari Muara Angke atau Marina Ancol, semua tergantung dari minat dan kemampuan. Jika ingin berhemat bisa pilih Muara Angke atau ingin cepat sampai pilih saja melalui Marina Ancol.

Camping Ceria Di Pulau Tidung Kecil

Sarapan Pagi (Dokumen : Pribadi)
Sarapan Pagi(c)Mohammad Guruh/Travelingyuk

Tak harus menyewa villa atau homestay, Teman Traveler bisa bermalam di sini dengan cara berkemah. Rasakan sensasi berbeda dengan camping di bibir pantai yang syahdu dan memesona. Jika punya niat untuk berhemat bisa kok, bawa saja peralatan camping yang memadai dan lengkap. Tak lupa bekal makanan yang bisa disantap bersama kawan.

Nah, itulah ulasan tentang Pulau Tidung yang pas dijadikan tempat untuk camping bersama dengan teman. Selain hemat, liburan jadi makin seru. Bagaimana, seru kan untuk jadi agenda minggu depan bersama dengan para sahabat?

Tags
Indonesia Jakarta Kepulauan Seribu Travelingyuk Wisata Kepulauan Seribu
Share