Selain Suronatan, Madiun Juga Punya Dawet Kertobanyon yang Tak Kalah Legendaris

Madiun merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang menyuguhkan banyak pesona. Misalnya saja datang dari kulinernya. Daerah yang mendapatkan julukan sebagai Kota Gadis atau Perdagangan dan Industri ini menyimpan banyak kuliner legendaris Madiun yang rekomended untuk dicicipi. Salah satunya yang cukup terkenal yakni Dawet Kertobanyon.

Memang selama ini jika berbicara dawet yang lezat adalah Dawet Suronatan, tapi Dawet Kertobanyon ini juga tidak kalah enak. Cuaca Madiun yang cukup panas memang pas jika menyantap yang segar-segar. Yuk ikuti ulasan lebih lanjut mengenai Dawet Kertobanyon seperti di bawah ini.

Berdiri Sejak Tahun 1963

Kesegaran yang mantap, Via Instagram eatfever
Kesegaran yang mantap, Via Instagram eatfever

Es Dawet Kertobanyon ini sudah cukup lama berdiri, sejak tahun 1963 yang lalu. Resepnya merupakan turun temurun. Pendiri dan penemu resep Dawet Kertobanyon ini merupaan Alm. Ibu Paikem (Ibu Hj. Sholikah) bersama dengan H. Ahmad Sukadi. Sementara itu untuk penamaan Dawet Kertobanyon dilakukan oleh Bapak Slamet Rijadi, keturunan dari pendiri. Sampai sekarang ini kelezatan dan kenikmatannya tetap terjaga, maka dari itulah banyak sekali para pelanggan yang datang.

Dalam seporsi es dawet akan ada racikan cendol, bubur sumsum, irisan pisang kepok, ketan hitam, santan dan juga cairan gula, serta tidak lupa es batu. Rasanya sangat menyegarkan dan sangat pas di lidah. Cocok disantap saat siang hari cuaca sedang terik-teriknya di Madiun.

Menu di Dawet Kertobanyon

Dawet dan gorengan adalah perpaduan yang pas, Via Instagram ingelianawati
Dawet dan gorengan adalah perpaduan yang pas, Via Instagram ingelianawati

Dawet merupakan menu utama yang dipesan para pelanggan yang datang. Namun banyak menu lainnya yang boleh dicicipi kenikmatannya. Salah satunya yakni ote-ote atau orang Madiun menyebutnya sebagai heci. Ukurannya jumbo, makan satu gorengan saja sudah cukup. Dipadu dengan cabai akan membuat ote-ote panas semakin nikmat. Satu mangkuk es dawet dan juga sebuah ote-ote akan mengenyangkan perutmu. Ada pula tempe goreng, tahu goreng yang bisa jadi teman makan dawet.

Harga Makanan di Dawet Kertobanyon

Isian yang komplit, Via Instagram sam_kuliner
Isian yang komplit, Via Instagram sam_kuliner

Menawarkan rasa yang nikmat dengan resep yang masih terjaga hingga saat ini, harga yang dibanderol di Dawet Kertobanyon masih cukup terjangkau. Untuk satu porsi es dawet harganya Rp8.000 saja semangkuk per Juni 2018. Sementara itu untuk gorengannya dibanderol dengan harga Rp1.000 saja per buahnya. Harga yang terbilang sangat murah sekali untuk rasa yang istimewa.

Lokasi Dawet Kertobanyon

Bagian depan Dawet Kertobanyon, Via Instagram mustikaningrum_
Bagian depan Dawet Kertobanyon, Via Instagram mustikaningrum_

Dawet Kertobanyon ini berlokasi di Jl. Raya Ponorogo, Desa Kertobanyon, No. 37, Kaibon, Kertobanyon, Geger, Madiun. Untuk jam operasionalnya sendiri sekitar pukul 9 pagi hingga setengah 4 sore. Namun seringkali sudah habis sebelum jam tutupnya.

Buat kamu yang berencana untuk mencicipi kesegaran semangkuk es dawet dan gorengannya, usahakan untuk datang lebih awal karena memang bisa dibilang selalu padat oleh para penikmat yang datang. Apalagi saat weekend ataupun juga liburan. Maka dari itulah, harus siap-siap antri ya.

Tags
dawet kertobanyon dawet kertobanyon madiun Indonesia Jawa Timur Madiun
Share