Indahnya Sipadan dan Ligitan, Pulau yang Sekarang Milik Malaysia

Sipadan dan Ligitan, dua pulau yang dulunya berada di Selat Makassar lepas dari Indonesia kemudian jadi milik Malaysia sejak tahun 2002 lalu. Kini dua tempat itu telah jadi wisata luar negeri yang gemilang. Sebenarnya,  Sipadan dan Ligitan sudah menjadi sengketa antara Indonesia dan Malaysia sejak tahun 1967, tepatnya saat masih era Presiden Soeharto. Sidang Mahkamah Internasional akhirnya memutuskan bahwa dua pulau indah ini menjadi milik Malaysia, bukan berdasar perairan teritorial dan batas-batas maritim, namun mempertimbangkan effectivity, yaitu asas kedaulatan Malaysia yang sudah ada sejak tahun 1930. Lihat lebih dekat Sipadan dan Ligitan, yuk.

Lokasi Sipadan dan Ligitan

Lokasi Pulau Sipadan dan LigitanLokasi Pulau Sipadan dan Ligitan
Lokasi Pulau Sipadan dan Ligitan (image source)

Pulau Sipadan dan Ligitan berlokasi di Selat Makassar, tepatnya di perbatasan antara kalimantan timur dan Sabah (Malaysia Timur). Meski Malaysia memenangkan dua pulau ini sebagai wilayah hak miliknya, namun Mahkamah Internasional ternyata gagal batas laut Indonesia dan Malaysia yang melewati Selat Makassar ini.

Indahnya Dua Pulau Ini

Keindahan pulau Sipadan dan Ligitan sudah mendunia. Dua pulau ini bahkan disebut-sebut sebagai salah satu destinasi wisata selam terbaik di dunia. Salah satu media Inggris yang terkenal bahkan memasukkan Sipadan dan Ligitan menjadi salah satu dari 10 tempat wisata terbaik dunia, sejajar dengan Pulau Cocos di Costa Rika.

Pulau Sipadan
Pulau Sipadan (image source)

Berlibur di Sipadan dan Ligitan

Diving di Pulau Sipadan
Diving di Pulau Sipadan (image source)

Sipadan dan Ligitan merupakan dua pulau yang kini dikenal di mata dunia. Bukan sebagai destinasi berlibur biasa. Di mata turis dunia, kedua pulau ini termasuk salah satu dari 10 spot menyelam terbaik di dunia. Keindahan bawah laut Sipadan memang memukau. Tujuan utama para turis datang ke pulau cantik ini adalah untuk scuba diving.

Scuba diving Sipadan Island
Scuba diving Sipadan Island (image source)

Resor Mewah ala Maldives

Mabul Bungalow
Mabul Bungalow (image source)

Persengketaan antara kedua negara ini kembali memanas saat Malaysia membangun resor-resor mewah di Sipadan dan Ligitan saat status pulau masih belum jelas. Keindahan pulau ditambah fasilitas berupa resor mewah ini lah yang akhirnya mendunia, mengundang para wisatawan untuk berkunjung. Banyak yang setuju bahwa dua pulau ini seindah Maldives.

Resor mewah di Sipadan
Resor mewah di Sipadan (image source)

Kabar Penduduknya

Sipadan Island
Sipadan Island (image source)

Penduduk di Sipadan dan Ligitan pun kini menjadi warga negara Malaysia. Dengan pulau yang dijadikan tempat wisata, makan banyak lapangan pekerjaan yang terbuka. Baik di resor, maupun yang memutuskan untuk membuka usaha kuliner, atau oleh-oleh.

Ilustrasi kuliner Sipadan
Ilustrasi kuliner Sipadan (image source)

Well, Indonesia juga masih punya banyak pulau cantik, seperti wisata Derawan dan juga Karimun Jawa yang keindahannya sudah mendunia. Bagaimana, setuju kan?

Tags
sipadan dan ligitan
Share