Pulau Saumlaki Maluku, dari Belajar Tenun Sampai Jalan ke Pantai Tersembunyi

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia
Pantai Sambunyi Saumlaki Pantai Sambunyi Saumlaki

Saumlaki di Kabupaten Maluku Tenggara Barat merupakan barisan paling depan kepulauan di Indonesia yang sekaligus berbatasan langsung dengan Australia. Kekayaan laut yang melimpah membuat pulau ini berhasil mencuri banyak hati. Selain itu, tentu saja karena pemandangannya yang luar biasa. Lihat yuk ada apa saja di Pulau Saumlaki Maluku.

1. Pantai Weluan

Pantai Weluan
Pantai Weluan via Instagram/willi_ivakdalam

Pantai Weluan terletak di Desa Olilit Lama bagian barat. Daya tarik yang dimiliki Pantai Weluan adalah pasirnya yang putih. Jajaran pohon-pohon kelapa di pinggir pantai yang bertemu dengan ujung deburan ombak, ditambah angin yang berembus dengan lembut bisa membiusmu. Semakin sempurna dengan sajian ikan bakar dan kelapa muda. Kenyang, segar dan bahagia!

2. Desa Tumbur

Kegiatan Tenun di Desa Tumbur
Kegiatan Tenun di Desa Tumbur via Instagram/bhayangkari_pc_mtb_maluku

Desa wisata yang terletak di Kecamatan Wertamrian ini merupakan kawasan pengrajin patung kayu dan tenun. Di Desa Tumbur, menenun merupakan keahlian kaum perempuannya. Gadis di desa ini diajarkan menenun sejak masih duduk di bangku SMP dan SMA. Sementara itu, kaum laki-laki diajarkan untuk pandai membuat patung dari kayu. Nah! Berkunjung ke sini, Teman Traveler bisa ikut belajar menenun. Sebuah pengalaman baru yang pasti seru saat menjelajah Pulau Saumlaki.

3. Pantai Matakus

Pantai Matakus Saumlaki
Pantai Matakus Saumlaki via Instagram/herupramanaputra

Liburan ke Pulau Saumlaki tidak lengkap tanpa jalan ke Pantai Matakus. Pasir putih, air jernih, serta pemandangan terumbu karang yang masih sangat alami adalah surga bagi Teman Traveler. Khususnya bagi yang hobi snorkeling dan diving. Pantai indah ini berada di bagian selatan Kota Saumlaki. Satu lagi, tidak perlu risau soal fasilitas, karena di sini terdapat gazebo dan MCK yang bisa dipakai oleh pengunjung.

4. Pantai Sambunyi

Pantai Sambunyi Saumlaki
Pantai Sambunyi Saumlaki via Instagram/vrenth_rumudy

Ini dia tempat wisata di Pulau Saumlaki yang hits karena justru tersembunyi! Pantai yang berada di Tanjung Boina ini seolah bersembunyi di balik tebing-tebing karang yang ada di Pulau Asutubun, Saumlaki. Untuk mencapai pantai yang indah ini, Teman Traveler hanya bisa menggunakan long boat tanpa atap yang dipandu oleh warga setempat. Begitu sampai tempatnya, bohong jika Teman Traveler tidak langsung menganga. Betapa di balik tebing yang kokoh terdapat sebuah pantai yang indahnya luar biasa.

5. Bagaimana Cara ke Pulau Saumlaki?

Ilustrasi Menuju Saumlaki
Ilustrasi Menuju Saumlaki via Instagram/fikri_erry

Untuk liburan ke Saumlaki, Teman Traveler bisa terbang ke Ambon terlebih dahulu. Perjalanan bisa dilanjutkan ke Pulau Saumlaki menggunakan pesawat terbang jenis ATR 72-600. Waktu tempuhnya cukup lama, yaitu sekitar 1 jam 40 menit. Jika ingin menggunakan kapal laut, Teman Traveler bisa berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Pastikan jadwal keberangkatan kapal ya!

Keindahan bahari Indonesia memang tersebar hingga ke seluruh provinsinya. Pulau Saumlaki hanyalah salah satu kekayaan tanah air yang sayang dilewatkan. Bagaimana, mau ajak siapa nih?